Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul‘Ulum Batanghari Lampung Timur

Khasanah, Ana Zumrotul (2018) Implementasi Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul‘Ulum Batanghari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ANA ZUMROTUL KHASANAH.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAKIMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAKDI PONDOK PESANTREN RIYADLATUL `ULUMBATANGHARI LAMPUNG TIMUROleh:ANA ZUMROTUL KHASANAHPondok Pesantren adalah sebuah lembaga pendidikan Islam nonformal yang para siswanya tinggal menetap di lingkungan pondok. Pesantren juga sebagai tempat pembinaan akhlak. Seiring dengan banyaknya faktor yang mempengaruhi akhlak, seperti: pergaulan bebas, lingkungan, kemajuan teknologi dan lain sebagainya, dalam menerapkan pendidikan akhlak, pondok pesantren merupakan wadah yang tepat, karena pondok pesantren memiliki peraturan yang cukup ketat yang mampu membuat para santri berakhlak baik sesuai dengan ajaran Rasulullah Saw. Berangkat dari pembentukan akhlak, Peneliti ingin mengetahui seberapa jauh pembentukan akhlak santri di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum. Karena, banyak orang tua mempercayakan pondok pesantren sebagai wadah dalam pembentukan akhlak anak. Harapannya dari pendidikan akhlak di pesantren ada perubahan yang seknifikan dari anak sebelum anak di pondokkan dan sesudah anak di pondokkandan menjadi seorang santri yang berakhlak mulia serta taat beribadah. Maka pertanyaan penelitian ini yaitu: Bagaimana implementasi pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum? yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum.

Penelitian yang peneliti lakukan memiliki tinjauan khusus yaitu mengenai Implementasi pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur.Dalam penelitian ini penelitiberusaha mengumpulkan sumber-sumber yang relevan yaitu dengan teori, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sesuai dengan penelitian yang bersifat deskriptif yakni penelitian yang di fokuskan pada penelitian lapangan (field Reseatch).

Berdasarkan deskripsi yang peneliti lakukan, peneliti telah menyajikan analisis data sesuai dengan data yang diperoleh melalui penelitian di lapangan bahwa sudah ada penerapan yang dilakukan oleh Pengurus atau Ustadz terkait dengan implementasi pendidikan akhlak di pondok pesantren Riyadlatul ‘Ulum Batanghari Lampung Timur, dengan memberikanpendidikan kelas (Kitab)Santri di ajarkan kitab-kitab akhlak mulai dari kelas yang paling dasar hingga naik ke kelas yang paling tinggi, pembiasaan budaya pondok pesantren atau penerapan dari pendidikan akhlak di kelas, adanya peraturan, adanya nasihat dan teguran, serta sanksi atau hukuman bagi santri yang melanggar peraturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jan 2020 01:29
Last Modified: 28 Jan 2020 01:29
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1508

Actions (login required)

View Item View Item