Pratama, Yofi (2018) Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Barang Kemasan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Toko Buku Grafika Pustaka Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI YOFI.pdf - Other Download (25MB) | Preview |
Abstract
Transaksi jual beli harus tercipta suasana saling keterbukaan antara penjual dan pembeli, tidak adanya unsur keterpaksaan dan penipuan yang dalam prosesnya didasarkan pada suatu prinsip kerelaan dalam memberikan dan menerima barang yang diperjualbelikan. Hal ini dimaksudkan agar tidak adanya rasa kecewa dan sakit hati yang timbul akibat jual beli setelah transaksi serah terima barang dilaksanakan.Jika dikaitkan dengan penelitian ini adalah bagi pihak pembeli telah melihat dan mengecek kondisi barang, memilih barang, mendapat perlindungan apabila ada kerusakan barang yang tidak diketahui serta telah mendapat pelayanan yang baik. Sedangkan bagi pihak penjual telah menyerahkan barang sesuai pesanan, menanggung risiko kecacatan barang, serta siap menerima apabila ada komplain.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan konsumen dalam jual beli barang kemasan di Toko Buku Grafika Pustaka Kota Metro Perspektif hukum ekonomi syariah.Adapun manfaat diadakannya penelitian ini adalah sebagai upaya memperkaya khazanah keilmuan dalam bidang hukum ekonomi syariah terutama terkait masalah perlindungan konsumen dalam jual beli barang kemasan di Toko Buku Grafika Pustaka Kota Metro Perspektif hukum ekonomi syariah.
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang menghimpun data kualitatif. Penelitian lapangan ini dilakukandi Toko Buku Grafika Pustaka berkaitan dengan Perlindungan Konsumen Terhadap Jual Beli Buku Kemasan Perspektif Hukum Ekonomi Syariah.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi.Wawancara dilakukan terhadap pemilik, Kasir, karyawan Toko Buku Grafika Pustaka serta pembeli.Semua data-data tersebut kemudiandi analisis menggunakan analisis kualitatif melalui pendekatan induktif.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan bagi konsumen yang diberikan oleh pihak Grafika Pustaka bisa dilihat bahwa walaupun sebenarnya dalam nota pembayaran tertulis ketentuan yang menyebutkan “Barang yang sudah dibeli tidak bisa dikembalikan lagi”, akan tetapi pihak Grafika Pustaka bersedia apabila nantinya ada pembeli yang ingin mengembalikan buku yang sudah dibelinya karena beberapa hal seperti cacat buku, isi tidak sesuai atau terdapat kesalahan dalamcetakan dengan menerima pengembalian buku yang sudah dibeli tersebut dan mengganti dengan buku yang sesuai dengan dengan catatan kemasan plastik belum rusak atau buku yang telah dibeli belum dicoret-coret. Transaksi jual beli yang terjadi antara pihak Grafika Pustaka Metro dengan pembeli telah sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Kompilasi Hukum Ekonomi Syari’ah. Karena jika melihat praktiknya, pihak Grafika Pustaka Metro dalam menjalankan bisnisnya lebih mengedepankan norma-norma dan nilai-nilai etika bisnis yang jika dikaitkan dengan Kompilasi Hukum Ekonomi Syariah telah dibenarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Hukum Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 02:15 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 02:15 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1520 |
Actions (login required)
View Item |