Hidayah, Miftahul (2018) Pengaruh Penerapan Metode Coperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Penguasan Kosakata Siswa Kelas V MIN 2 Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI MIFTAHUL HIDAYAH NPM. 14116362.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran kosakata merupakan materi bahasa yang paling penting untuk memberi bekal kepada siswa keterampilan berbahasa, karena kosakata merupakan dasar pokok untuk menghasilkan keterampilan bahasa seperti istima’,qiroah, kalamdan kitabah.Kosakata merupakan hal pertama yang menjadi bekal seseorang mengunakan bahasa sebagai sarana interaksi di berbagai bidang, khususnya di bidang pendidikan yang menuntut siswa penguasan kosakata untuk memahami isi buku pelajaran, menganalisisnya dan memperoleh pengetahuan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu kosakata merupakan hal yang paling patut untuk diperhatikan sunguh-sunguh oleh guru agar dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Arab.
Berdasarkan uraian tersebut di atas peneliti melakukan penelitian eksperimen dengan menerapkan metode coperative learning tipe talking stickuntuk mengetahui pengaruhnya terhadap kosakata siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Metro. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan pertanyan penelitian yaitu Apakah Penerapan metode coperative learning tipe Talking stickberpengaruh terhadap penguasan kosakata siswa kelas V MIN 2 Metro tahun pelajaran 2018/2019. Peneliti mengunakan desain penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas V B yang terdiri dari 20 siswa. Sedangkan kelas kontrol adalah kelas VA yang terdiri dari 20 siswa. Alat pengumpulan data mengacu kepada tes. Adapun analisis data mengunakan rumus t-test.
Hasil penelitian yaitu metode coperative learningtipe talking stickberpengaruh terhadap penguasan kosakata, di mana rata-rata nilai tes kelas eksperimen lebih tingi dari nilai kelas kontrol. Hal itu karena rata-rata nilai tes kelas eksperimen pada pos test sebesar 73 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 58. Nilai kelas eksperimen juga meningkat dari pre test ke pos test, dimana kategori nilai tinggi pada pre test 4 orang sedangkan pada post test 12 orang. Adapun pada kelas kontrol terdapat peningkatan pula dari pre test ke postest di mana siswa yang memperoleh nilai kategori tinggi pada pre test 2 orang, sedangkan pada post test 5 orang. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai t-hitung sebesar 2,963 dan ketika dibandingkan dengan nilai t-tabel pada derajat kebebasan (df) = 38 diketahui bahwa nilai t-hitung dengan derajat signifikansi 5% lebih besar dari nilai t-tabel (2,963>1,685). Oleh karena itu hipotesis yang peneliti ajukan yaitu “Penerapan metode coperative learning tipe talking stickberpengaruh terhadap penguasan kosakata siswa kelas V MIN 2 Metro tahun pelajaran 2018/2019” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 02:51 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 02:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1529 |
Actions (login required)
View Item |