Tawaffika, Liya (2018) Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa SDN 1 Pujokerto Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI LIYA TAWAFFIKA 14114681.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Orangtua merupakan orang pertama yang memegang peranan penting dalam pendidikan anak, serta bertugas membimbing anak, karena keberhasilan belajar anak didik berada pada tangan pendidik, maka kedua hal itu sangat menentukan perkembangan anak untuk mencapai keberhasilanyaHasil pra-survey yang penulis lakukan pada tanggal 25 Oktober 2017 di SDN 1 Pujokerto yaitu berdasarkan dokumentasi wawancara kepada guru Pendidikan Agama Islam SDN 1 Pujokerto, dapat diketahui dari 20 siswa, yang mendapat nilai kurang dari 70 sebanyak 9 siswa, sedangkan yang mendapat nilai lebih dari 70 hanya 11 siswa. Dan berdasarkan hasil wawancara 20 siswa diperoleh keterangan bahwa, terdapat 7 siswa yang mendapat bimbingan belajar dengan baik dari orangtuanya, 7 siswa mendapatkan bimbingan belajar yang cukup dari orangtuanya. Kemudian terdapat 6 siswa yang kurang mendapat bimbingan belajar dari orangtuanya, maka diperoleh keterangan bahwabimbingan orangtua tergolong rendah dan hasil belajar siswanya baik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh bimbingan orangtua terhadap hasil belajar siswa SDN 1 Pujokerto kecamatan Trimurjo kabupaten Lampung Tengah?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan orangtua terhadap hasil belajar siswa SDN 1 Pujokerto.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif , metode yang digunakan adalah metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik Chi Kuadrat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisa statistik diperoleh Chi Kuadrat hitung yaitu 10,077, kemudian hasil tersebut diinterpretasikan terhadap C atau KK, dimana C yang terlebih dahulu kita ubah menjadi Phi(∅),dengan df = 18, maka diperoleh harga rtabelpada taraf signifikansi 5% = 0,468 sedangkan pada taraf signifikansi 1% diperoleh harga rtabelsebesar 0,590. Dengan demikian ∅(yang berasal dari perubahan terhadap C ) lebih besar dari pada rtabelbaik pada taraf signifikansi 5% maupun taraf signifikansi 1%, maka dapat dikatakan bahwa penelitian ini signifikan, dalam arti hipotesis yang penyatakan bahwa “ Ada Pengaruh Bimbingan Orangtua Terhada Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam SDN 1 Pujokerto Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah” diterima. Kemudian diperoleh harga∅yang merupakan interpretsi C yaitu = 0,709 dengan Cmaksimum= 0,816 yang dilihat dari tabel Koefisien Kontingensi(KK) dan berada pada kriteria sangat erat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 02:48 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 02:48 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1530 |
Actions (login required)
View Item |