Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji Pada PT. BPRS Aman Syariah Sekampung

Safitri, Desi Dwi (2018) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Tabungan Haji Pada PT. BPRS Aman Syariah Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
DESI DWI SAFITRI (NPM 1502080008).pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

PT BPRS Aman Syariah merupakan badan usaha yang berbentuk Perseroan Terbatas ( PT ) dan BPRS merupakan singakatan dari Bank Pembiayaan Rakyat Syariah sedangkan Aman Syariah merupakan nama dari badan usaha tersebut. PT BPRS Aman Syariah merupakan badan usaha dalam bidang perbankan syariah yaitu mengenai pembiayaan dan simpanan pola syariah.Produk Pembiayaan Ibadah Haji (PPIH) diterapkan dalam salah satu kegiatan bisnis dari PT. BPRS Aman Syariah Sekampung dengan maksud membantu memudahkan bagi para nasabah untuk menjalankan ibadah haji. Sebagaimana ibadah haji merupakan rukun islam yang kelima yang wajib dilaksanakan oleh setiap umat muslim, dengan persyaratan-persyaratan tertentu.Tabungan haji pada PT. BPRS Aman Syariah Sekampung merupakan tabungan yang dilakukan menggunakan akad(mudharabah) yaitu bentuk kerja sama antara dua pihak dimana si pemilik modal mempercayakan sejumlah modal kepada pengelola dengan suatu perjanjian..

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis data secara deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari beberapa sumber data primer dan sekunder dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendreskripsikan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah tabungan haji pada PT. BPRS Aman Syariah Sekampung. Analisis data yang digunakan yakni menggunakan analisis data kualitatif karena data yang diperoleh berupa uaian-uraian atau keterangan yang diperoleh dari kegiatan wawancara. Maka penulis dapat menggunakan fakta-fakta dan data-data yang konkrit dari wawancara dengan Direktur, Marketing, Customer Service PT. BPRS Aman Syariah Sekampung.

Hasil dari penelitian diketahui bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT. BPRS Aman Syariah Sekampung terhadap produk tabungan haji ini, yaitu diimplementasikan menggunakan analisa 4P : produk (produk), tempat (place), harga (price), promosi (promotion). Produk tabungan haji ini di pasarkan melalui Account Officer (AO).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:36
Last Modified: 28 Jan 2020 03:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1531

Actions (login required)

View Item View Item