Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Nilai-Nilai Kitab Ta’limul Muta’alim Pada Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darusy Syafa’ah Kotagajah Lampung Tengah

Widodo, Sugiarto (2019) Implementasi Nilai-Nilai Kitab Ta’limul Muta’alim Pada Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darusy Syafa’ah Kotagajah Lampung Tengah. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS SUGIARTO WIDODO.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah proses internalisasi budaya ke dalam diri seseorang dan masyarakat menjadi beradab. Sedangkan karakter memiliki persamaan makna dengan kepribadian. Kepribadian dianggap sebagai ciri, karakteristik, gaya, atau sifat khas dari seseorang, pembentukan karakteradalah suatu sistem penanaman nilai-nilai perilaku (karakter) kepada warga pesantrenyang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Implementasi nilai-nilai kitabTa’limu Muta’alim pada pembelajaranialahterwujudnya manusia sebagai hamba AllahSWT. Pendidikan haruslah menjadikan seluruh manusia menjadimanusia yang menghambakan diri kepada AllahSWT.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan:1) Bagaimanakah implementasi nilai-nilai kitabTa’limu Muta’alim pada pembelajarandalam pembentukan karakter santridi Pondok Pesantren Darusy Syafa’ah KotagajahLampung Tengah. 2)Adakah hambatan implementasi nilai-nilai kitabTa’limu Muta’alim pada Pembelajarandalam pembentukan karakter santridi Pondok Pesantren Darusy Syafa’ah Kotagajah.

Desain penelitian ini diantaranya, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu bentuk penelitian yang ditunjukkan untuk mendiskripsikan fenomena yang ada. Sumber data dipilih secara purposive dan bersifat snowball sampling, yaitu penarikan sampel lebih representatif baik ditinjau dari segi pengumpulan data maupun dalam pegembangan data. Teknikpengumpulandatanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan.1) Implementasi nilai-nilai kitabTa’limu Muta’alim pada pembelajarandalam Pembentukan karakter santridari Nilai Keagamaan. santri tidak pernah meninggalkan shalat lima waktu, Bahkan melaksanakannya dengan berjama’ah, melaksanakan shalat sunnah seperti, shalat dhuha bersama-sama, shalat tahajjud, berdzikir, tahlil, burdah., berdo’a ketika hendak belajar, sabar dalam menjalani kehidupan yang serba sederhana dan terbatas, tidak bebas seperti kalanya anak yang berada diluar kawasan pesantren, sabar jauh dari orangtua dan lain-lain. 2) Hambatan implementasi nilai-nilai kitabTa’limu Muta’alim pada pembelajarandalam pembentukan karakter santridi Pondok Pesantren Darusy Syafa’ah Kotagajah, yaitu faktor interrnal a) Insting adalah perbuatan seorang anak yang menyampaikan pada tujuan dengan di dahului berfikir sebelum berbuat kearahujuan tersebut, b) Kebiasan adalah perbuatan yang selalu di ulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan yang mudah di kerjakan. Sedangkan faktor eksternal yang terdiri dari Pendidikan lingkungan keluarga, dan lingkungan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:16
Last Modified: 28 Jan 2020 03:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item View Item