Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Pelayanan Toko Sembako di Pasar Sekampung Terhadap Perilaku Konsumen Perspektif Etika Bisnis

Apriyani, . (2018) Analisis Pelayanan Toko Sembako di Pasar Sekampung Terhadap Perilaku Konsumen Perspektif Etika Bisnis. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI APRIYANI NPM. 14117824 ESY.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pelayanan adalah suatu proses pemenuhan kebutuhan melalui aktivitas orang lain secara langsung, dimana para pemilik usahaberupaya memberikan pelayanan kepada perilaku konsumensecara maksimal. Di pasar Sekampung terdapat kurang lebih 25 toko sembako. Banyak faktor yang perlu diperhatikan untuk mempengaruhi pelayanan terhadap perilaku konsumen.Pelanggan akan membandingkan layanan yang diberikan dengan layanan yang mereka harapkan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perilaku konsumen terhadap pelayanan toko sembako di pasar Sekampung dalamperspektif etika bisnis Islam. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah jenis penelitian lapangan ( field research), bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder.Sumber data primer diperoleh daripemilik toko sembako, konsumen serta karyawan yang ada di pasar Sekampung. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku, internet dan kepustakaan lainnya.Metode pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data peneliti menggunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwakonsumen yang membeli sembako di pasar Sekampung ini termasuk ke dalam perilakurasional danirasional. Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumendalam membeli sembako di pasar Sekampung adalah pengaruh lingkungan yaitu masyarakat dan keluarga. Selain itu, ada faktor lain yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu harga dan pelayanan.Pelayanan yang diberikan oleh konsumen di pasar Sekampung belum memenuhi prnsip-prinsip etika bisnis Islam yaitu tanggung jawab dan kebenaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:20
Last Modified: 28 Jan 2020 04:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1546

Actions (login required)

View Item View Item