Maharani, Dewi Nor (2018) Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII SMP Fajar 2 Margajaya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI DEWI NOR MAHARANI, NPM 14113971.pdf - Other Download (16MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan suatu proses yang melibatkan berbagai komponen, bersifat timbal balik sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Proses pembelajaran yang berlangsung sangat mempengaruhi prestasi belajar yang diperoleh siswa. suatu pencapaian yang dicapai peserta didik setelah melakukan kegiatan belajar. Tinggi rendahnya prestasi belajardipengaruhi oleh kualitas pembelajaran oleh peranan guru dalam mengelola kelas yang menyebabkan siswa melakukan kegiatan tertentu untuk mencapai tujuan. Pengelolaan kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan dan memelihara kondisi belajar mengajar yang optimal, dan mengendalikannya bila terjadi gangguan dalam proses belajar mengajar Pada dasarnya pengelolaan kelas sudah dilaksanakan dengan baik tetapi prestasi siswa yang diperoleh masih ada yang belum mencapai KKM.
Adapun masalah yang penulis temukan melalui hasil pra survey yang dilakukan pada hari Senin 20 November 2017 peneliti mendapatai kesenjangan antara pengelolaan kelas dan prestasi belajar. Halini ditunjukkan pada pencapaian prestasi belajar yang diperoleh siswa masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Apakah Ada Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII SMP Fajar 2 Margajaya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa SMP Fajar 2 Margajaya.Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Fajar 2 Margajaya yang berjumlah 21 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket dan dokumentasi. Kemudian untuk proses analisa datanya menggunakan teknik statistik dengan rumuschi kuadrat(x2)
Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan rumus chi kuadrat (????2) dimana diketahui bahwa harga chi kuadrat hitung (x2hitung) sebesar 13,59 adalah lebih besar dari chi kuadrat tabel (x2tabel), pada taraf signifikan 5% (9,488) atau13,59>9,488. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima, dengan kesimpulan bahwa Ada Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VIII SMP Fajar 2 Margajaya. Kemudian diperoleh harga C = 0,626 dengan Cmaks= 0,816. Dilihat pada tabel koefisien kontingensi pada Cmaks= 0,816 dengan harga C = 0,626 berada pada kriteria klasifikasi sangat erat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 04:28 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 04:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1548 |
Actions (login required)
View Item |