Wati, Intan Pradita (2018) Upaya Meninggkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas IV MI Al-Khoiriyah Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
skripsi fix.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Salah satu masalah yang dialami dalam pembelajaran Matematika di kelas IV yaitu tujuan pembelajaran yang belum tercapai. Hal ini disebabkan oleh kurang dikemasnyaproses pembelajaran Matematika dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga mengakibatkan siswa merasa jenuh dan bosan dengan suasana pembelajaran yang seperti itu saja. Hal tersebut mengakibatkan siswa kurang termotivasi untuk antusias mengikuti pelajaran yang pada akhirnya berdampak pada hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 60.Rumusan masalah pada skripsi ini adalah 1. Apakah penggunaan metode pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di MI Al-Khoiriyah?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas IV di MI Al-Khoiriyah 22 Metro Pusat.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),peneliti bertindak sebagai guru dan guru kelas IV MI Al-Khoiriyah Metro sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. metode pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi untuk mengamati kegiatan guru mengajar dan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa, dan tes berupa Pretest dan Posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa.
Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran dengan penggunaan metode pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Matematika di MI Al-Khoiriyah 22 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2018/2019, hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mencapai KKM 60 pada siklus I sebesar 53% meningkat menjadi 80% pada siklus II hal ini mengalami peningkatan sebesar 27% dengan demikian hasil tersebut telah memenuhi target yang ditetapkan oleh peneliti sebesar 70%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 04:47 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 04:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1552 |
Actions (login required)
View Item |