Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Ma’arif 1 Punggur Tahun Pelajaran 2018/2019

Umniah, Husna Faizatul (2018) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Ma’arif 1 Punggur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI PDFF.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar adalah segala sesuatu yang ditujukan untuk mendorong atau memberikan semangat kepada seseorang yang melakukan kegiatan belajar. Motivasi belajar berperan penting dalam memberikan gairah, semangat dan rasa senang dalam belajar. Oleh karena itu, motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa sangat menentukan tingkat keberhasilan atau gagalnya perbuatan belajar siswa tersebut. Hasil belajar merupakan apa yang dicapai oleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Apa yang dicapai tersebut bisa berupa kemampuan-kemampuan, baik yang berkenaan dengan aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan yang dimiliki oleh siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya.

Siswa MA Ma‟arif 1 Punggur diketahui memiliki motivasi belajar yang cukup baik. Senada dengan motivasi belajar siswa yang sudah baik, hasil belajar siswapun juga sudah baik. Sesuai dengan latar belakang masalah yang ada, maka rumusan penelitian ini adalah apakah ada hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas XI MA Ma‟arif 1 Punggur Tahun Pelajaran 2018/2019?Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas XI MA Ma‟arif 1 Punggur Tahun Pelajaran 2018/2019.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan sifat penelitiannya adalah bersifat korelasi atau hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah 89 siswa. Anggota sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa yang dipilih dengan menggunakan teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebanyak 16 siswa atau 44,45% siswa menjawab bahwa motivasi belajarnya cukup, dan terdapat 20 siswa dari 36 siswa yang hasil belajarnya tergolong baik. Adanya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar dibuktikan dengan diperolehnya harga rxysebesar (rxy) 0,665 yang berada pada kategori kuat.Kemudian dilakukan uji t, dan diperoleh harga thitung>ttabel = 5,192 > 2,042, sehingga H0ditolak dan Haditerima. Hal ini menunjukkan bahwa “Ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matapelajaran Akidah Akhlak kelas XI Madrasah Aliyah Ma‟arif 1Punggur Tahun Pelajaran2018/2019”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:26
Last Modified: 28 Jan 2020 07:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1562

Actions (login required)

View Item View Item