Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Perbandingan Kinerja Bank Syariah dan Bank Konvensional (Studi pada Bank Aman Syariah dan Bank Lampung KC Metro)

Ratnasari, Dwi (2018) Analisis Perbandingan Kinerja Bank Syariah dan Bank Konvensional (Studi pada Bank Aman Syariah dan Bank Lampung KC Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RATNA.pdf - Other

Download (16MB) | Preview

Abstract

Di era globalisasi ini persaingan dalam berbagai sektor bisnis tidak dapat di hindari, termasuk dalam bidang perbankan yang dimana saat ini persaingan yang terjadi semakin ketat baik itu antara bank konvensional maupun bank syariah. Mereka kini berlomba-lomba dalam mencari nasabah baru maupun mempertahankan yang ada. Salah satu cara meningkatkan jumlah nasabah dan jumlah keuntungan adalah meningkatkan kinerja bank. Kinerja adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang tercapai oleh karyawan dalam kemampuan melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan oleh atasan kepadanya. Kinerja bank dapat ditingkatkan dengan melakukan pelatihan dan penilaian kepada karyawan secara berkala. Penilaian kinerja membantu mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan.

Jenis penelitian yang digunakan adalah field research, dimana penelitian lapangan adalah suatu penelitian yang dilakukan di lokasi penelitian denganbersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh akan diinterpretasikan dalam bentuk pemaparan dan analisa sehingga peneliti dapat memberikan kesimpulan pada penelitian yang diteliti ini. Adapun analisis data yang digunakan adalah kualilatif dengan teknik pengambilan kesimpulan dengan menggunakan metode berfikir induktif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pada Bank Aman Syariah kinerja yang di lakukan karyawan untuk meningkatkan mutu bank sudah cukup baik dan sudah sesuai dengan prinsip syariah. Komunikasi antar karyawan lancar. Penempatan karyawan didasarkan pada kualifikasi tertentu seperti tingkat pendidikan, pengalaman bekerja, dan kemampuan. Pada Bank Lampung KC Metro kinerja karyawan untuk meningkatkan kualitas bank sudah cukup baik dan sudah sesuai dengan peraturan pemerintah.

Dengan demikian disarankan untuk Bank Aman Syariah dan Bank Lampung KC Metro Untuk segi pelayanan agar lebih ditingkatkan guna memuaskan nasabah baik pinjaman ataupun simpanan. Perlu adanya kerjasama antara semua pihak yang terkait supaya Bank Aman Syariah dan Bank Lampung KC Metro dapat terus berkembang di masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:31
Last Modified: 28 Jan 2020 07:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1563

Actions (login required)

View Item View Item