Handoko, Tri (2019) Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTs Muhammadiyah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
Text
SKRIPSI TRI HANDOKO_1399761.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Terwujudnyakinerja guru yang baik tidak terlepas dari peran kepala sekolah sebagai pemimpin di satuan pendidikan. kepala sekolah adalah orang yang paling bertanggung jawab terhadap keberhasilan pendidikan di sekolah dan berperandalam menggerakkan aktifitas pendidikan di sekolah. Kepada sekolah dituntut untuk memiliki strategi untuk meningkatkan kinerjatenaga kependidikan yang di bawah kendalinya. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru MTs Muhammadiyah Metro. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru MTs Muhammadiyah Metro. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif berdasarkan teori Miles and Hubermean yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu datareduction, data displaydan conclusion/verivication.
Hasil penelitian menunjukkan bahwaPeran Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru MTs Muhammadiyah Metro dilakukan dengan melakukan kunjungan kelas, penciptaan iklim sekolah yang kondusif, memberi pengarahan danmotivasi kepada guru, danmengirim guru ke forum MGMP, penataran, atau diklat. Kunjungan kelas oleh Kepala Sekolah dimanfaatkan untuk memperoleh informasi langsung tentang kondisi proses pembelajaran yang dikelola oleh guru, memperoleh informasi tentang problematika yang dihadapi guru sehingga dapat membuat kebijakan yang sesuai dengan kondisi dihadapi guru. Kepala sekolah berperan dalam mencptakan iklim sekolah dengan menjalin komunikasi yang baik dengan guru, dan memberi kepercayaan kepada guru dalam menjalankan tugasnya. Kepala sekolah memberi pengarahan, dan motivasi agar guru dapat mengerjakan pekerjaannya secara efektif, dan berpedoman pada program kerja sekolah. Bentuk pengarahan seperti seperti penggunaan K-13 dalam proses belajar mengajar, dan pengelolaan kelas yang efektif.
Kepala Sekolah mengirim guru ke forum MGMP, penataran, atau diklat yang diadakan pemerintah, dan mengundang nara sumber dari luar untuk memberi arahan kepada guru. Dengan mengikuti kegiatan MGMP, guru dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 07:47 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 07:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1567 |
Actions (login required)
View Item |