Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Kepala Sekolah‎ dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTs Muhammadiyah Metro

Handoko, Tri (2019) Upaya Kepala Sekolah‎ dalam Meningkatkan Kinerja Guru MTs Muhammadiyah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TRI HANDOKO_1399761.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Terwujudnyakinerja guru yang baik tidak terlepas dari ‎peran kepala sekolah sebagai pemimpin di satuan pendidikan. kepala sekolah adalah orang yang paling bertanggung jawab terhadap keberhasilan pendidikan di sekolah dan berperandalam menggerakkan aktifitas pendidikan di sekolah. Kepada sekolah dituntut untuk memiliki strategi untuk ‎meningkatkan kinerjatenaga kependidikan yang di bawah ‎kendalinya. Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja ‎guru MTs ‎Muhammadiyah Metro. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja ‎guru MTs ‎Muhammadiyah Metro. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif berdasarkan teori Miles and Hubermean yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu datareduction, data displaydan conclusion/verivication.

Hasil penelitian menunjukkan bahwaPeran Kepala Sekolah dalam meningkatkan kinerja guru MTs ‎Muhammadiyah Metro ‎dilakukan dengan ‎melakukan kunjungan kelas, ‎penciptaan iklim sekolah yang kondusif, memberi pengarahan ‎dan‏‏‏‏‏motivasi ‎‏‏‏kepada guru, danmengirim guru ke forum MGMP, penataran, atau diklat. ‎Kunjungan kelas oleh Kepala Sekolah dimanfaatkan untuk memperoleh ‎informasi langsung tentang kondisi proses pembelajaran yang dikelola oleh ‎guru, memperoleh informasi tentang problematika yang dihadapi guru sehingga ‎dapat membuat kebijakan yang sesuai dengan kondisi dihadapi guru. Kepala ‎sekolah berperan dalam mencptakan iklim sekolah dengan menjalin komunikasi ‎yang baik ‎dengan guru, dan memberi kepercayaan kepada guru dalam ‎menjalankan ‎tugasnya. ‎Kepala sekolah memberi pengarahan, dan motivasi agar guru dapat ‎mengerjakan pekerjaannya secara efektif, dan berpedoman pada program kerja ‎sekolah. Bentuk pengarahan seperti seperti penggunaan K-13 dalam proses ‎belajar mengajar, dan pengelolaan kelas yang efektif.

Kepala Sekolah mengirim ‎guru ke forum MGMP, penataran, atau diklat yang diadakan pemerintah, dan ‎mengundang nara sumber dari luar untuk memberi arahan kepada guru. Dengan ‎mengikuti kegiatan MGMP, guru dapat meningkatkan pengetahuan dan ‎keterampilan mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:47
Last Modified: 28 Jan 2020 07:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1567

Actions (login required)

View Item View Item