Utami, Tri (2018) Penerapan Service Excellent Oleh Customer Service pada BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Bandar Jaya. Diploma thesis, IAIN Metro.
|
PDF
TRI UTAMI (NPM. 1502080107).pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Pelayanan nasabah merupakan salah satu faktor yang sangat mempengaruhi perusahaan dalam menjual produknya. Maka dari itu dibutuhkan service excellentdalam melayani nasabah sebab banyak tidaknya nasabah tergantung dari cara bank melayani nasabah tersebut. Agar service excellent tersebut terlaksana dibutuhkan karyawan atau sumber daya manusia yang dapat menyampaikan pelayanan prima menjadi tujuan utama. Karyawan yang dimaksud adalah customer service. Customer servicediharapkan mampu mewujudkan suatu pelayanan prima atau service excellent. Customer serviceBRI Syariah KCP Bandar Jaya harus benar-benar menerapkan semua standar pelayanan BRI Syariah kedalam pelaksanaannya.Mulai dari kemampuan, sikap, penampilan, perhatian, tindakan, dan tanggung jawab harus dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan yang ada.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis data secara deskriptif, bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan service excellentoleh customer servicepada BRI Syariah KCP Bandar Jaya. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif, karena data yang diperoleh berupa uraian-uraian atau keterangan-keterangan yang didapat dari wawancara. Analisis data tersebut menggunakan cara berfikir induktif yaitu bermula dari fakta-fakta yang khusus dan peristiwa-peristiwa yang konkrit. Cara berfikir induktif ini peneliti dapat menggunakan fakta-fakta dan data-data yang konkrit dari wawancara dengan Customer Service, Branch Operation Supervisor,dan nasabah BRI Syariah KCP Bandar Jaya.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa penerapan Service Excellentoleh Customer Servicepada BRI SyariahKCP Bandar Jaya sudah dilakukan secara optimal sesuai dengan standar pelayanan yang ada. Akan tetapi, perlu ditingkatkan lagi pelayanan yang diberikan terutama padaattitude(sikap) customer servicepada saat melayani nasabah agar lebih ramah dan memperhatikan nasabahnya sehingga nasabah merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 28 Jan 2020 08:13 |
Last Modified: | 28 Jan 2020 08:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1574 |
Actions (login required)
View Item |