Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Muhammadiyah Metro

Naim, Miftahul (2020) Upaya Guru Aqidah Akhlak dalam Pembinaan Akhlak Siswa di MTs Muhammadiyah Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Miftahul Naim (NPM. 1501010197) - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dalam lingkungan keluarga, orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina kepribadian dan membentuk akhlak, khususnya anak-anak mereka, dalam lingkungan sosial masyarakat juga mempunyai andil dalam membina kepribadian dan membentuk akhlak, sedangkan dalam lingkungan sekolah, guru yang mempunyai tugas dan wewenang dalam membina dan membentuk akhlk siswa, yaitu akhlakyang seluruh aspek-aspeknya yakni baik tingkah laku luarnyanya, kegiatan-kegiatan jiwanya, maupun filsafat hidup dan kepercayaanya menunjukkan pengabdian kepada Allah SWT. Kenyataan tersebut memberikan peluang bagi seorang guru untuk memberikan peranannya dalam usaha membentuk akhlak siswa siswa. Guru adalah orang dewasa yang bertanggung jawab untuk memberikan pertolongan pada peserta didiknya dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai tingkat kedewasaannya, mampu mandiri dalam memenuhi tugasnya sebagai seorang hamba dan khalifah Allah SWT, serta mampu melaksanakan tugasnya sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk individu yang mandiri.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MTs Muhammadiyah Metro”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui.Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Pembinaan Akhlak Siswa, Penelitian yang peneliti lakukan adalahpenelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latarMTs Muhammadiyah Metro, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunkananalisis deskriptif kualitatif.

Berdasarkan analisis, data yang diperoleh menggunakan analisis deskkriptif kualitatif peran guru aqidah akhlaq di MTs Muhammadiyah Metro dalam Pembinaan Akhlaksangat banyak sekali namun yang menonjol antara lain adalah, memberi motivasi,memberi bimbingan,memberi latihan pembiasaan. Cara guru aqidahakhlak dalam membentuk Akhlak Siswa di MTs Muhammadiyah Metroadalah dengan cara penanaman nilai-nilai karakter secara umum, nilai yang dimaksud yaitu, nilai religius, nilai kejujuran, nilai tnggung jawab, nilaikedisiplinan, nilai ke, nilai kreatif, nilai kemandirian, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial dan nilai tanggung jawab. Di MTs Muhammadiyah Metro, Penanaman Akhlaksecara Umum Tersebut sudah terpenuhi semua walaupun belum sempurna prosesnya baik dalam proses KBM di kelas maupun dalam lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:16
Last Modified: 29 Jan 2020 06:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1581

Actions (login required)

View Item View Item