Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Peningkatan Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode “Make A Match” Kelas V SDN 2 Bumi Jawa Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Fatoni, Muhammad (2020) Upaya Peningkatan Pendidikan Agama Islam Dengan Menggunakan Metode “Make A Match” Kelas V SDN 2 Bumi Jawa Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MUHAMMAD FATONI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvei peneliti, pada hasil ulangan harian mata pelajaran PAI kelas VSD Negeri 2 Bumi Jawa Tahun Pelajaran 2018/2019terdapat beberapa siswa yang belum tuntaskarena proses pembelajarannya masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang menunjang keaktifan siswa guru masih menggunakan metode ceramahdan kurang adanya metode yang ber variasi. Dari hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah metode Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 2 Bumi Jawa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam TP.2018/2019?”

Mengacu masalah tersebut diatas, penulis berusaha unuk meningkatkan belajar siswa dengan menggunakan metodeMake A Match. Pada pembelajaran siswa akan terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus, tahap-tahapnya adalah perencanaaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode Make A Match dalam rangka peningkatan kemampuan membaca dan memahami al-qur‟an pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 2 Bumi Jawa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam TP. 2018/2019.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelasdan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran menggunakan MetodeMake A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 2 Bumi Jawa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam TP. 2018/2019,hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar di tiap-tiap siklus, dimana pada siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan belajar sebesar 65,31% dan pada siklus II meningkat sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jan 2020 06:37
Last Modified: 29 Jan 2020 06:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1586

Actions (login required)

View Item View Item