Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Pembelajaran Think-Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Al Islam pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020

Pratama, Billy Bima (2020) Penggunaan Metode Pembelajaran Think-Pair Share untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Al Islam pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI BILLY BIMA PRATAMA_compressed - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran Al-Islam kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Metro masih mengalami banyak kelemahan salah satunya adalah rendahnya hasil belajar siswa, Batasan masalah penelitian ini adalah yang pertama yaitu penerapan model penelitian tindakan kelas ini dibatasi pada penerapan metode Thing-Pair-Sharesebagai alat bantu pelajaran Al-Islam, yang kedua yaitu aktivitas belajar siswa dibatasi pada siswa kelas VII Khalid, dan yang terakhir yaitu hasil belajar siswa kelas VII Khalid pada mata pelajaran Al-Islam dengan materi jujur,Amanah dan Istiqomah dan Thaharah. Sedangkan rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran tipe Thing-Pair-Sharedapat meningkatkan aktivitas belajar Al-Islam kelas VII Khalid, yang kedua yaitu apakah penerapan metode pembelajaran Thing-pair-Share dapat meningkatkan hasil belajar Al-Islam kelas VII Khalid. Sedangkan tujuan penelitian ini sendiri adalah dengan penelitia tindakan kelas tipe Thing-Pair-Shareuntuk meningkatkan Aktivitas dan hasil belajar Al-Islam pada siswa kelas VII Khalid SMP Muhammadiyah 3 Metro.

Berdasarkan permasalahan tersebut perlu memperbaiki pembelajaran Al-Islam dengan menggunakan metode Thing-Pair-Share. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan 2 siklus dan masing-masing 2 kali pertemuan. Objek tindakan penelitian ini adalah kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Metro dengan jumlah 27 siswa pada mata pelajaran Al-Islam dengan materi Jujur,Amanah,Istiqomah dan Thaharah.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif Thing-Pair-Share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Islam. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan pada aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, pada siklus I rata-rata persentase hasil aktivitas siswa sebesar 52,85% lalu pada siklus II naik menjadi 64,50% terjadi peningkatan sebesar 11,65% . Begitu juga pada data hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklu I rata-rata persentase siswa tuntas sebesar 57,43% lalu pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 85,18% terjadi peningkatan sebesar 27,71%.Dengan demikian, dapatdisimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Thing-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Al-Islam pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Metro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 29 Jan 2020 07:37
Last Modified: 29 Jan 2020 07:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item