Nurjannah, Fitri (2020) Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikn Agama Islam Fakults Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
FITRI NURJANNAH NPM. 1501010256_compressed - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Mata kuliah kewirausahaan adalahsatuan pelajaran yang diterapkan dalam perguruan tinggi yang tujuannya untuk memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan. Pelaksanaan pembelajarannya melalui teori dan praktek. Pendidikan kewirausahaan diberikan kepada mahasiswa bertujuan agar mereka memiliki pengetahuan kewirausahaan, sehingga ketika mahasiswa telah lulus dari perguruan tinggi mereka memiliki bekal untuk membuka usaha.Minat berwirausaha adalah ketertarikan seseorang untuk menciptakan suatu usaha dengan melihat peluang yang ada disekitardan berani mengambil risiko yang kemungkinan terjadi dalam menjalankan usaha. Seseorang yang berminat untuk berwirausaha akan terlihat pada tingkah laku yang menunjukkan keinginannya yangtimbul dari dalam diri dengan berani menanggung resiko dan cepat tanggap dalam menangani peluang yang ada atau yang dimaksud adalah orang–orang yang mau bekerja.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro. Adapun hipotesis yang peneliti ajukan dalam penelitian ini yaitu ada pengaruh mata kuliah kewirausahaan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (quesioner) dan dokumentasi. Angket peneliti gunakan untuk memperoleh data tentang mata kuliah kewirausahaandan minat berwirausaha. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk memperoleh validitas intrumen yaitu dengan rumus pearson product momentdan untuk memperoleh reliabilitas instrumen yaitu dengan rumus alpha cronbach. Sedangkan untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar siswa yaitu menggunakan rumus Pearson Product Moment yang kemudian pengujian hipotesisnya dengan uji t.
Berdasarkan pengolahan data yang diperoleh harga thitung sebesar 2,32258dan ttabelpada taraf signifikasi 5% dengan df = n –2 = 38 –2 = 37yaitu sebesar 2,028094. Dengan demikian harga thitung lebih besar dari ttabelyakni 2,32258> 2,028094. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh mata kuliah kewirausahaan berpengaruh terhadapminat berwirausaha pada mahasiswa jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Metro.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 08:14 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 08:14 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1608 |
Actions (login required)
View Item |