Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Fenomena Kenakalan Siswa dan Upaya Penanggulangannya dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus di MTs An-Nur Gunung Batin Kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah)

Fidyah, Lilis Shofiyatul (2020) Fenomena Kenakalan Siswa dan Upaya Penanggulangannya dalam Proses Belajar Mengajar (Studi Kasus di MTs An-Nur Gunung Batin Kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI Lilis Shofiyatul Fidyah NPM. 14114641 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kenakalan siswa dapat menimbulkan kecemasan yang makin mendalam dari berbagai pihak yang berkepentingan khususnya Departemen Pendidikan Nasional, Pemerintah Daerah, Sekolah dan para siswa serta seluruh masyarakat pada umumnya.Fokus penelitian ini adalah bagaimana cara menanggulangi kenakalan siswa di MTs An-Nur Gunung Batin? Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah untuk mengetahui cara menanggulangi fenomena kenakalan siswa di MTs An-Nur Gunung Batin Kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah.Secara teoritis penelitian ini merupakan sumbangan pemikiran penulis dalam mengembangkan teori-teori yang telah penulis dapatkan selama kuliah dan secara praktis penulis harapkan karya tulis ini dapat bermanfaat bagi pembacanya, khususnya bagi guru maupun orang tua dalam menanggulangi kenakalan siswa.

Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam skripsi ini adalah dokumentasi, observasi dan interview. Metode dokumentasi dan interview digunakan untuk menggali data tentang subjek penelitian sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen sekolah.Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat dijelaskan sebagai berikut: 1) Bahwa fenomena kenakalan siswa di MTs An-Nur Gunung Batin meliputi pelanggaran tata tertib sekolah, seperti tidak memasukkan baju, membolos, merokok. 2) Sedangkan faktor-faktor yang menyebabkan kenakalan siswa adalah faktor pribadi sekolah, faktor sekolah, dan faktor lingkungan. 3) Upaya penanggulangan kenakalan siswa dapat ditempuh dengan beberapa langkah diantaranya upaya secara preventif, represif, dan kuratif. Siswa memerlukan bantuan orang lain yang di anggap lebih mampu dalam hal ini adalah guru BK atau Waka kesiswaan serta seluruh guru pendidik. Pihak sekolah dalam menanggulangi kenakalan siswa dengan dimaksimalkan secara penuh dalam artian fungsi guru tidak hanya sebagai pengajar saja tetapi juga memberikan pengawasan terhadap siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung, juga kesadaran tata tertib sekolah ditanamkan pada siswa. Pihak sekolah juga harus menjalin hubungan dengan masyarakat khususnya yang memiliki anak yang cenderung menyimpang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 00:43
Last Modified: 30 Jan 2020 00:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item