Sa’onah, Upic (2020) Pengaruh Penerapan Strategi Permainan Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Kelas Viii Mtsn 1 Lampung Timur 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI Upic Sa’onah NPM. 14116592 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
embelajaran kosakata merupakan materi bahasa yang paling penting untuk memberi bekal kepada siswa keterampilan berbahasa, karena kosakata merupakan dasar pokok untuk menghasilkan keterampilan bahasa seperti istima’,qiroah, kalamdan kitabah.Kosakata merupakan hal pertama yang menjadi bekal seseorang mengunakan bahasa sebagai sarana interaksi di berbagai bidang, khususnya di bidang pendidikan yang menuntut siswa penguasan kosakata untuk memahami isi buku pelajaran, menganalisisnya dan memperoleh pengetahuan yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu kosakata merupakan hal yang paling patut untuk diperhatikan sunguh-sunguh oleh guru agar dimiliki oleh siswa dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran bahasa Arab.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti melakukan penelitian eksperimen dengan menerapkan strategi permainan bahasa siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Lampung Timur. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan rumusan masalah yaitu: Apakah ada pengaruh strategi permainan bahasa terhadap penguasaan kosakata siswa siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Lampung Timur tahun pelajaran 2019/2020?. Peneliti ini mengunakan desain penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VIII C yang terdiri dari 32 siswa. Sedangkan kelas kontrol adalah kelas VIII Dyang terdiri dari 31 siswa. Alat pengumpulan data mengacu kepada tes. Adapun rumus analisis data mengunakan t-test.
Adapun hasil penelitian adalah penerapan strategi permainan bahasa berpengaruh terhadap penguasaan kosakata, dimana nilai rata-rata tes kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai rata-rata tes kelas kontrol. Hal itu karena -rata tes kelas eksperimen sebesar 78 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 64,69. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai t-hitungberada pada nilai 2,729, dan ketika dibandingkan dengan nilai t-tabelpada derajat kebebasan 61 di level signifikansi 5% berada pada nilai 1,670. Oleh karena itu dapat diambil ketetapan bahwa terdapat perbedaan antara penguasaan kosakata kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan hipotesis penelitian yang berbunyi “Penerapan strategi permainan bahasa bepengaruh terhadap penguasaan kosakata siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Lampung Timur tahun pelajaran 2019/2020” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 01:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 01:03 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1618 |
Actions (login required)
View Item |