Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Metode Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII MTs Al Khairiyah Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2019/2020

Jannah, Nadzi Fatul (2020) Metode Pembelajaran Bahasa Arab pada Siswa Kelas VIII MTs Al Khairiyah Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NADZI FATUL JANNAH NPM. 1501020044 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada penelitian ini permasalahan dibatasi pada metode pembelajaranMufrodat Bahasa arab, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode yangdigunakan oleh guru dalampembelajaran mufodat bahasa arab serta bagaimanapenerapan metode tersebut dalam proses pembelajaran mufrodat bahasa arab padasiswa kelas VIII MTs Al Khairiyah Natar Lampung Selatan tahun Ajaran 2019/2020.Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Adapun alat pengumpul data mengacu padaobservasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang terdiri daritiga tahapan, yaitu:data reduction, data display, dan conclision/verivication.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaranmufrodat metode yang digunakan guru bahasa arabterdiri dari tiga metode yaitumetode bernyanyi, metode imla’ dan metode langsung.Metode langsung yangdigunakan oleh guru bahasa arab dikelas 8 digunakan pada setiap awal pertemuandengan bentuk percakapan atau hiwar, metode bernyanyi digunakan oleh guru padasaat proses pembelajaran berlangsung, sedangkan metode imla’ digunakan oleh gurusetelah guru memberi materi kepada siswa atau setelah hafalan mufrodat denganmenggunakan metode bernyanyi, sebagai evaluasi kemampuan menulis.PenggunaanMetode bernyanyi dalam proses pembelajaran mufrodatmenjadikan pembelajaransangat efektif, karena dengan menggunakan metode bernyanyi mempermudah siswadalam menghafal mufrodat, siswa mampu mengucapkan mufrodatdengan baik,menulis, membuat kalimat dan menerjemahkannya dengan baikpula,serta siswatidak merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti pembelajaran mufrodat bahasa arabyang berlangsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 01:10
Last Modified: 30 Jan 2020 01:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item View Item