Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Upaya Membentuk Kepribadian Muslim Siswa di MTs Baabussalaam Wonosari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu

Fidiana, Mirna (2020) Implementasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Upaya Membentuk Kepribadian Muslim Siswa di MTs Baabussalaam Wonosari Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
MIRNA FIDIANA NPM. 1501010274 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

viABSTRAkIMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM UPAYA MEMBENTUK KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA DI MTs BAABUSSALAAM WONOSARI KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWUOleh:MIRNA FIDIANAPendidikan Akidah Akhlak merupakan pembelajaran yang ditujukan untuk meningkatkan kataqwaan, keimanan dan rasa cinta para siswakepada Allah SWT. Bagi siswahasil dari kataqwaan, keimanan dan kecintaan terhadap Allah SWT, akan tertanam rasa kasih sayang, sopan santun, dan tutur kata yang baik. Pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di MTs Baabussalaam sudah berjalan dengan baik, dan pihak sekolah sudah memiliki program khusus keagamaan dalam membentuk kepribadian muslim pada siswa. Namun ada beberapa masalah yang peneliti temukan yaitu: masih banyak siswa yang membolos pada saat pelaksanaan sholat dhuha dan dzuhur berjamaah, dan juga masih ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan saat proses pembelajaran,

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran aqidah akhlak di MTs Baabussalaam dan upaya yang dilakukan guru aqidah akhlak dalam membentuk kepribadian muslim siswa di MTs Baabussalaam, kemudian faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di MTs Baabussalaam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian mengungkapkan temuan tentang Implementasi pembelajaran aqidah akhlak yang sudah menyesuaikan dengan kurikulum yang digunakan yaitu K-13. Setelah melaksanakan pembelajaran aqidah akhlak ada perubahan tingkah laku siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya dan lebih giat dalam belajar. Pembiasaan dan upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dan Guru Aqidah Akhlak membawa pengaruh yang besar, siswa yang mulanya malas dan sering membolos ketika sholat berjamaah sudah mulai giat dalam melaksanakan sholat berjamaah dan rajin dalam mengikuti program keagamaan di sekolah. Faktor pendukung diantaranya: sikap tegas yang ditunjukan kepala madrasah maupun guru yang menjadikan kedisiplinan siswa bertambah terutama pada kegiatan keagamaan, dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak di MTs Baabussalaam Wonosari diantaranya: kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 01:35
Last Modified: 30 Jan 2020 01:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item