Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Darma Bakti Punggur Tahun Pelajaran 2018/2019

Permana, Andika (2020) Hubungan Antara Kompetensi Profesional Guru dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Darma Bakti Punggur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ANDIKA PERMANA - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berbicara kompetensi profesional guru seorang guru harus memiliki beberapa kompetensi yang harus dimiliki dan dikembangkan oleh guru sehingga proses belajar mengajar yang dikelolanya dapat berjalan dengan baik.kompetensi profesional guru ini diantaranya adalah penguasaan bahan pengajaran dan keterampilan dalam mengajar .

Berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar di sekolah memiliki kaitan yang sangaterat dengan keberhasilan dan kesuksesan guru dalam menjalankan tugasnya, selanjutnya dalam melaksanakan tugas mengajar seorang guru harus memiliki kompetensi dan juga keterampilan sebagai pendukung untuk mendapatkan hasil mengajar yang maksimal.

Melihat hal tersebut di atas penulis mencoba mengadakan penelitian dalam rangka membuktikan teori bahwa semakin profesional guru dalam mengajar maka semakin baik prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa SMP Darma Bakti Punggur Tahun Pelajaran 2018/2019. Dengandemikian hipotesia penelitian ini adalah: ada hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru dengan prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam siswa SMP Darma Bakti Tahun Pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keeratan hubungan antara Kompetensi profesional Guru dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMPDarma Bakti Punggur tahun Pelajaran 2019/2020.Dari hasil perhitungan yang penulis analisa dengan rumus statistic product moment didapatkan nilai rxysebesar 0,57 selanjutnya penulis konsultasikan pada tabel nilai “r” product moment pada N sebesar 15 dan diperoleh harga pada taraf signifikan 1% sebesar 0,440 dan 5% sebesar 0,514. ternyata rxyyang diperoleh sebesar 0,57 jauh lebih besar dibandingkan dengan harga r table baik pada taraf signifikan 1% dan 5%. Hal ini berarti ada hubungan yang signifikan antara kompetensi profesional guru dalam mengajar dengan prestasi belajar bidang studi pendidikanagama Islamsiswa kelas VIII SMP Darma Bakti Kecamatan PunggurKabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 01:44
Last Modified: 30 Jan 2020 01:44
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1627

Actions (login required)

View Item View Item