Ariyanti, Dewi (2020) Upaya Guru Al-Islam dalam Meningkatkan Minat Baca Buku Al-Islam Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi Dewi Ariyanti - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pendidikan Agama Islam atau Al-Islam merupakan pokok dari segala pendidikan. Ilmu Al-Islam bisa didapat melalui membaca. Minat membaca pada buku Al-Islam harus ditanamkan pada peserta didik sejak dini. Oleh karena itu, sebagai guru Al-Islam harus bisa mengupayakan agar minat baca peserta didik pada buku Al-Islam bisa tinggi. Upaya-upaya tersebut dilakukan agar generasi muda penerus bangsa ini bisa memiliki ilmu yang berguna bagi diri sendiri dan bagi orang lain.
Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru Al-Islam dalam meningkatkan minat baca buku Al-Islam siswa kelas VII, lalu apa saja faktor pendukung guru Al-Islam dalam meningkatkan minat baca buku Al-Islam siswa kelas VII, yang terakhir apa saja faktor penghambat yang dihadapi oleh guru Al-Islam dalam meningkatkan minat baca Al-Islam siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Al-Islam dalam meningkatkan minat baca buku Al-Islam siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik, serta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi oleh guru Al-Islam dalam meningkatkan minat baca buku Al-Islam. Manfaat penelitian ini yaitu: (a). Bagi sekolah, dengan adanya penelitian ini, sekolah SMP Muhammadiyah 1 Sekampung Udik dapat mengambil manfaatnya, yaitu terdapat peningkatan minat baca buku Al-Islam siswa kelas VII. (b). Bagi guru, untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru Al-Islam dalam meningkatkan minat baca buku Al-Islam peserta didik kelas VII. (c). Bagi siswa, manfaat yang dapat dirasakan oleh peserta didik yaitu berupa tumbuhnya minat baca yang tinggi dalam membaca buku-buku Al-Islam.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian yang mengharuskan peneliti untuk langsung terjun ke lapangan yang bertujuan untuk mengetahui fenomena atau kejadian yang bersifat alamiah. Sifat penelitian yang peneliti gunakan bersifat deskriptif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, pengamatan (observasi) dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang peneliti gunakan adalah melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini terdapat tiga bentuk upaya guru Al-Islam dalam meningkatkan minat baca buku Al-Islam, yaitu memberikan motivasi peserta didik, memberikan waktu khusus pada peserta didik serta memperkenalkan buku-buku lain yang berkaitan dengan mata pelajaran Al-Islam. Adapun faktor pendukungnya adalah adanya dukungan dari orangtua peserta didik, dukungan dari pihak sekolah yang sudah menyediakan ruangan perpustakaan yang nyaman, serta buku-buku Al-Islam yang sudah cukup lengkap dan minat dari peserta didik itu sendiri. Faktor penghambatnya adalah kurang adanya dukungan dari orangtua peserta didik, lalu kurangnya minat yang dimiliki peserta didik untuk membaca buku Al-Islam. Ada juga faktor dari kurangnya kesadaran peserta didik akan pentingnya membaca buku Al-Islam serta pengaruh lingkungan di sekitar peserta didik yang kurang baik, sehingga peserta didik malas untuk membaca buku Al-Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 01:51 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 01:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1629 |
Actions (login required)
View Item |