Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Resistensi Perbankan Syariah Dalam Menghadapi Produk Kredit Usaha Rakyat (Studi Kasus PT BPRS Aman Syariah Kantor Pusat Sekampung)

Pujianto, Seka (2020) Resistensi Perbankan Syariah Dalam Menghadapi Produk Kredit Usaha Rakyat (Studi Kasus PT BPRS Aman Syariah Kantor Pusat Sekampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SEKA SKRIPSI PDF OK - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kegiatan operasional perbankan syariah tidak luput adanya persaingan yang menuntut perbankan syariah tersebut untuk tetap mampu berdiri serta bertahan melalui cara-cara bersaingnya, terutama hadirnya produk bank konvensional yang mana telah menyita minta sebagian besar kalangan masyarakat dengan keringanan yang ditawarkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah resistensi perbankan syariah dalam menghadapi produk kredit usaha rakyat pada BPRS Aman Syariah di tinjau dari dua aspek yaitu strategi bertahan dan strategi bersaing.Resistensi dapat diartikan sebagai sikap bertahan, melawan, menentang terhadap suatu hambatan, atau sebuah penolakan sikap bertahan yang terjadi ketika ada sesuatu yang mengancam nilai seseorang atau individu. Ancaman tersebut bisa saja real atau sebenarnya hanya suatu persepsi saja. Dengan kata lain, ancaman ini bisa saja muncul dari pemahaman yang memang benar atas perubahan yang terjadi atau sebaliknya karena ketidakpahaman atas perubahan yang terjadi.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi bertahan dan strategi bersaing PT BPRS Aman Syariah dalam menghadapi produk kredit usaha rakyat. Jenis penelitan adalah filed research. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Manfaat dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi persaingan perbankan syariah serta srtategi yang digunakan dalam persaingan tersebut.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT BPRS Aman Syariah dalam menerapkan strategi bertahan meliputi empat aspek yaitu produk, promosi, tempat, dan partisipan. Kemudian dalam menerapkan strategi bersaing juga meliputi empat aspek yaitu: Edukasi, Promosi, dan Sumber Daya Manusia yang baik dan Bukti Fisik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 02:22
Last Modified: 30 Jan 2020 02:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item