Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Faktor-Faktor Pemilihan Segmentasi Pasar PT. BPR Syariah Lampung Timur

Chairiyah, Fathiyatul (2020) Faktor-Faktor Pemilihan Segmentasi Pasar PT. BPR Syariah Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI FATHIYATUL CHAIRIYAH - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Segmentasi pasar merupakan suatu kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok tertentu menurut karakteristik atau kesamaan konsumen. Segmentasi pasar ini dilakukan guna untuk mempermudah PT. BPR Syariah Lampung Timur dalam merancang sebuah segmentasi pasar apa yang akan dilakukan, dan menjadikan strategi pemasarannya lebih terarah. Disamping itu juga berpengaruh pada keberhasilan/kesuksesan PT. BPR Syariah Lampung Timur dalam menjalankan usahanya. Maka oleh sebab itu harus dengan tepat untuk memilih segmentasi pasar dan PT. BPR Syariah Lampung Timur menentukan pilihannya untuk memilih segmentasi pasar demografi untuk pemasarannya.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor pemilihan segmentasi pasar PT. BPR Syariah Lampung Timur tersebut.Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap Kepala Bagian Marketing dan Account OfficerPT. BPR Syariah Lampung Timur. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Semua data-data tersebut dianalisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa segmentasi pasar yang pilih oleh PT. BPR Syariah Lampung Timur adalah segmentasi demografi dan berfokus pada jenis pekerjaan nasabah tersebut yaitu pegawai negeri sipil dan karyawan swasta. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu pertama, resiko terhadap nasabah golongan berpenghasilan tetap lebih kecil dibanding dengan nasabah non golongan berpenghasilan tetap. Kedua, tingkat pengembalianangsuran tepat waktu sesuai dengan jadwal. Ketiga, persaingan tingkat margin di mikro dengan bank lain, dengan adanya KUR dengan margin yang rendah PT. BPR Syariah tidak bisa bersaing dengan bank lain karena adanya KUR program pemerintah tersebut. Keempat, posisi persaingan yang lebih sedikit untuk golbertap sehingga PT. BPR Syariah Lampung Timur lebih cepat untuk mendapatkan laba. Kelima, biaya untuk kegiatan pemasarannya lebih rendah karena golbertap biasanya terdapat pada satu lingkup misalkan pada pemerintah daerah lampung timur, berbeda dengan non golbertap menyebar dimana mana.Keenam, kemampuan PT. BPR Syariah Lampung Timur dengan jumlah marketing yang sedikit lebih mudah untuk menjangkau nasabah golbertap dibanding nasabah non golbertap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 02:25
Last Modified: 30 Jan 2020 02:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1636

Actions (login required)

View Item View Item