Nurlaili, . (2020) Analisis Prinsip Kesetaraan Good Corporate Governance Terhadap Nasabah Dalam Perspektif Perbankan Syariah (Studi Kasus BPRS Kota Bumi KC Bandar Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI NURLAILI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi prinsip kesetaraan berdasarkan Good Corporate Governanceterhadap nasabah serta untuk mengetahui dari tinjaun Perbankkan Syariah terhadap pelaksanaan Good Corporate Governancetelah sesuai atau bahkan belum. Tempat penelitian ini dilakukan pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah atau BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskrptif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari 14 Informan yang merupakan 11 Informan kunci dan 3 Informan tambahan guna melengkapi data. Penelitian ini menggunakan teknik snowball samplingdimana sampel diperoleh melalui proses bergulir dari satu responden ke responden lainya, hingga berada di titik jenuh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penerapan prinsip kesetaraan di BPRS Kotabumi KC Bandar Lampung dituangkan dalam bentuk SOP (Standart Operasional Perusahaan) bank tersebut. SOP tersebut terdiri dari Universalitas,Keadilan, Transparansi serta Kemitraan. Namun, bila di tinjau dari prespektif Perbankkan Syariah belum terlaksana maksimal. Hal ini dapat dibuktikan dengan belum berjalannya beberapa indikator dari prinsip kesetaraan atau keadilan, yang telah berjalan yaitu indikator pertama, pemenuhan hak kepada stakeholdersminoritas pada saat RUPS, indikator kedua, yaitu BPRS Kotabumi bebas dari riba, dan menrapkan zakat harta yang dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu hl tersebut rutin dilakukan minimal satu tahun sekali. Untuk prinsip kesetaraan belum berjalan yaitu penjelasaan yang tidak detail mengenai sistem diawal akad deposito kepada nasabah non muslim, yang seharusnya hal ini tidak boleh dilakukan karena penjelasan kepada nasabah harus sama atua adil baik itu nasabah muslim maupun non muslim, kemudian pelayanan nasabah deposito diberikan priorityfasilitas atau “fast respon” dari nasabah tabungan. Hal ini didukung dengan belum adanya sarana tempat penyampaian aspirasi dari nasabah tabungan kepada BPRS Kotabumi tersebut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 02:47 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 02:47 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1642 |
Actions (login required)
View Item |