Cahyaning, Echa Rizkiya (2020) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Guru Muhammadiyah dalam Menggunakan Produk Funding Lembaga Keuangan Syariah (Studi Kasus Guru SD, SMP, SMA/SMK Muhammadiyah Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI Echa Rizkiya Cahyaning - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Minatadalahsuaturasalebihsukadanrasaketertarikanpadasuatuhaldanrasaketertarikanpadasuatuhalatauaktivitas,tanpaadayangmenyuruh.Guru merupakan potensi besar bagi perekonomian perbankan saat ini salah satunya yaitupada perbankan syariah. Namundalam penelitian ini diketahui bahwa mayoritasguru minatmenggunakan produk bank konvensional dibandingkan bank syariah.Akan tetapi walaupun, mayoritasguru menggunakan produk bank konvensional, namunsebagian guru sudah ada yang menggunakan produk fundingpada bank syariah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat guru Muhammadiyah dalam menggunakan produk fundinglembaga keuangan syariah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Pengumpulan data ini dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini menggunakan teknik quota sampling.
Hasil penelitian ini menunjukanbahwa faktor yang mempengaruhi minat guru muhammadiyah dalam menggunakan produk fundinglembaga keuangan syariah yaitu faktor internalseperti, faktor agama, pribadi (pekerjaan), sikap, persepsi, kepercayan; dan faktor eksternalseperti, pelayanan, sosial (lingkunga), dan lokasi. Faktor dominan pada faktor internalseperti faktor agama dan pekerjaan, sedangkan faktor eksternal seperti faktor pelayanan.
Kata Kunci: Minat, Produk Funding, Lembaga Keuangan Syariah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 02:51 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 02:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1643 |
Actions (login required)
View Item |