Yulistiani, Seffia (2020) Faktor-Faktor Hambatan Berpindah (Switching Barriers) Nasabah Pada Bank BRI Syariah KCP. Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI SEFFIA JADI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Hambatan berpindah (switching barrier) adalah segala bentuk upaya suatu perusahaan dalam menciptakan faktor-faktor yang mempersulit ataumenjadi beban bagi konsumen atau pelanggan apabila berpindah ke produk atau jasa perusahaan lain.Menurut hasil survey jumlah nasabah yang melakukan pembiayaan ulang paling banyak terdapat pada produk PUR 25 iB, ini menandakan bahwa pihak bank mampu membangun loyalitas nasabah. Semakin banyaknya persaingan baik itu bank syariah, konvensional, maupun non bank menjadikan Bank BRISyariah harus memahami dan meningkatkan faktor-faktor switching barriers nasabah agar tetap loyal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang faktor-faktor hambatan berpindah apa sajakah yang membuat nasabah loyal atau setia dan melakukan pembiayaan ulang pada produk PUR 25 iB. Produk PUR 25 iB merupakan produk usaha rakyat yang merupakan subsidi dari pemerintah untuk mikro dimana nasabah hanya dapat melakukan pembiayaan modal usaha sebesar 5 juta sampai dengan 25 juta. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada karyawan dan nasabah produk PUR 25 iB di Bank BRISyariah KCP. Tulang Bawang Barat, sedangkan dokumentasi berupa profil dari tempat penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian,faktor-faktor hambatan berpindah nasabah pada produk PUR 25 iB dapat dilihat dari faktor internal dan eksternal. Faktor internalnya yaitu pada produk PUR 25 iB itu sendiri memiliki keunggulan seperti jangka waktu pembiayaan sampai 3 tahun untuk modal kerja dan 5 tahun untuk investasi, kualitas layanan yang sangat baik seperti dalam melakukan proses pencairan begitu cermat dan cepat, merespon keluhan dan kesulitan yang memuaskan, dan margin rendah yang diberikan kepada nasabah serta tidak berubah-ubah tiap bulannya. Sedangkan faktor eksternalnya yaitu kondisi perekomian nasabah yang makin maju, dan kondisi sosial yang dimana nasabah bank BRISyariah sangat membutuhkan produk tersebut mengingat profesi yang kebanyakan dari kalangan pertanian, perdagangan, dll.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa faktor yang sangat berpengaruh terhadap kesetiaan nasabah untuk melakukan pembiayaan ulang yaitu rendahnya margin dan pelayanan yang diberikan oleh pihak bank BRISyariah KCP. Tulang Bawang Barat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 03:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 03:05 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1647 |
Actions (login required)
View Item |