Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menjadi Anggota Tabungan Idul Fitri Pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) Surya Metro Selatan

Sari, Imes Kurnia (2020) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Menjadi Anggota Tabungan Idul Fitri Pada Koperasi Serba Usaha (KSU) Baitul Tamwil Muhammadiyah (BTM) Surya Metro Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI IMES KURNIA SARI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Minat merupakan rasa ketertarikan terhadap suatu hal atau aktivitas yang dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal yang terdiri dari kepribadian, persepsi, pembelajaran, motivasi, sikap, gaya hidup,kepercayaan, pengalaman, umur, dan agama. Faktor eksternal yang terdiri dari budaya, sosial dan faktor pemasaran. Produk Simpanan Idul Fitri merupakan simpanan untuk memberikan kemudahan bagi anggota dalam hal menyimpan uangnya guna menghadapi segala kebutuhan di hari raya idul fitri.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menjadi anggotatabungan Idul Fitri padaKSU BTM Surya Metro Selatan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Manajer, Teller, Account Officer, dan masyarakat Metro Selatan. Kemudian semua data tersebut di analisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan minat masyarakat menjadi anggota di KSU BTM Surya Metro Selatan dan memilih produk Simpanan Idul Fitri (Si Fitri) dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Pada faktor internal, minat dipengaruhi oleh kepibadian masyarakat, sikap masyarakat, pengalaman masyarakat akan kebutuhan hari raya, motivasi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hari raya, dan gaya hidup masyarakat Metro Selatan. Kemudian faktor eksternal, minat dipengaruhi oleh budaya atau kebiasaan masyarakat dan faktor pemasaran yang diterapkan oleh KSU BTM Surya Metro Selatan. Faktor pemasaran meliputi strategi produk, strategi promosi yang diterapkan, strategi tempat, dan strategi harga sehingga mempengaruhi minat masyarakat Metro Selatan dalam memilih produk Si FITRI pada KSU BTM Surya Metro Selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 05:53
Last Modified: 30 Jan 2020 05:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1657

Actions (login required)

View Item View Item