Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pelaksanaan Metode Gabungan dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahaffudhul Qur’an Miftahul Jannah Sekampung Lampung Timur Lampung

Widiasto, Aang (2018) Pelaksanaan Metode Gabungan dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahaffudhul Qur’an Miftahul Jannah Sekampung Lampung Timur Lampung. Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
AANG WIDIASTO.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Menghafal Al-Qur’an adalah merupakan kemuliaan yang diberikan oleh Allah zat yang menurunkan Al-Qur’an kepada hambanya yang terpilih. Semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan kemuliaan ini dan Allah menjanjikan kemudahan bagi siapa saja yang bersungguh-sungguh menghafalnya. Menghafalkan Al-Qur’an suatu perbuatan yang sangat mulia dan terpuji. Proses menghafal al-qur’an sangat perlu metode dalam menghafal diantaranya: Metode kitabahmensyaratkan para penghafal Al-Qur‟anuntuk menuliskan potongan ayat dengan tangannya sendiri di papan tulis, atau di atas kertas dengan pensilmetode pembelajaransimā‟i yaitu menghafal dengan mendengarkan bacaan untuk dihafalkannyamenghafalkan Al-Qur‟an secara individual dengan melakukan murāja‟ah (mengulang-ulang surat atau ayat yang dihafalkan).Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan:1) Bagaimanapelaksanaan metode gabungan dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahaffudhul Qur’an.2Apasaja faktor pendukungpelaksanaan metode gabungan dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahaffudhul Qur’an.3).Apasaja faktor penghambat pelaksanaan metode gabungan dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahaffudhul Qur’an.

Desain penelitian ini diantaranya, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu bentuk penelitian yang ditunjukkan untuk mendiskripsikan fenomena yang ada. Sumber data yaitu teknik pengambilan sampel sumber data yang pada awalnya jumlahnya sedikit, kemudian menjadi besar. Informan adalah objek penting dalam sebuah penelitian. Teknikpengumpulandatanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan.1) Pelaksanaan metode gabungan dalam menghafal Al-Qur’andi Pondok Pesantren Tahaffudhul Qur’an Miftahul Jannah yaitu: menggunakan metode pembelajaran lebih dari satu yaitu metode wahdah metode kitabah, metode tasmi’ Didalam menghafal Al-Qur’an tentunya harus selalu diiringi niat yang ikhlas, meminta izin kepada orang tua, mempunyai tekad yang besar dan kuat. 2) Faktor pendukungpelaksanaan metode gabungandalam menghafal Al-Qur’an adalah proses yang dicapai oleh suatu aktifitas, sehingga untuk bisa mencapai hasil tersebut segala usaha seperti, faktor minat menghafal Al-qur‟an minat adalah kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu baik berupa benda maupun aktifitas 3. Faktorpenghambat pelaksanaan metode gabungandalam menghafal Al-Qur’an adalah seorang penghafal Al-Qur’an yaitu lupa lagi ayat-ayat yang sudah dihafalnya, rasa malas merupakan hambatan yang paling banyak ditemui para calon Hufadz di saat meghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 05:57
Last Modified: 30 Jan 2020 05:57
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1658

Actions (login required)

View Item View Item