Wati, Eka Saras (2017) Upaya Guru PAI dalam Mengoptimalkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Tunagrahita di SLB Wiyata Dharma Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI EKA SARAS WATI.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu sarana untuk mencapai kemuliaan dan keutamaan di sisi Allah SWT, karena Al-Qur’an mebagai petunjuk dalam kehidupan mannusia. Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya, faktor pendukung, dan faktor penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengoptimalkan kemampuan menghafal Al-Qur’an paa siswa tunagrahita. Penelitian yang dilakukan oleh Penulis termasuk jenispenelitian kualitatif lapangan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Sekolah, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Siswa-siswi SLB Wiyata Dharnma Kota Metro. Penulis melakukan observasi terkait Pengoptimalan kemampuan menghafal Al-Qur’an kepada siswa tunagrahita dengan melihat cara guru dalam mendampingi, membimbing, mengrahkan dan melatih siswa tunagrahita dalam menghafal Al-Qur’an dan cara siswa dalam merespon serta proses pembelajaran menghafal Al-Qur’an. Dokumentasi dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh data yang terkait dengan sejarah singkat, visi danmisi, keadaan sarana dan prasarana, denah lokasi, data tentang keadaan guru dan karyawan, data tentang keadaan siswa, dan struktur organisasi SLB Wiyata Dharnma Kota Metro.
Terkait hasil penelitian, ternyata upaya yang dilakukan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengoptimalkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa tunagrahita di SLB Wiyata Dharma Kota Metro, melalui empat cara, yaitu: 1) Pemberian motivasi, yaitu dengan memberi pujian kepada siswa tunagrahita yang berhasil menghafal Al-Qur’an dan menghindari kalimat dalam bentuk resiko atau akibat buruk; 2) Optimalisasi panca indra yaitu dengan membacakan ayat yang akan dihafal secara langsung atau memperdengarkan bacaan melalui media audio dan melihat tulisan Al-Qur’an yang telah ditulis 3) Menuliskan hafalan yaitu dengan menuliskan ayat yang akan dihafal, membacakanya terlebih dahhulu lalu diikuti oleh siswa kemudian dibaca secara berulang dan membimbing serta mengarahkan siswa untuk menuliskanya kembali di buku tulismereka 4) Latihhan dan pembiasaan yaitu dengan memancing siswa untuk menghafal ayat yang telah dihafal pada saat istirahat, seleai kegiatan pramuka dan berbagai kesempatan yang dapat digunakan. Faktor pendukung upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa tunagrahita di SLB Wiyata Dharma Kota Metro, terdiri dari: Guru Pendidikan Agama Islam dan kerjasama dengan orangtua siswa faktor penghambat upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan kemampuan menghafal Al-Qur’an pada siswa tunagrahita di SLB Wiyata Dharma Kota Metro, terdiri dari:Aspek psikologis siswa dan lingkungan sosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 06:28 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 06:28 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1666 |
Actions (login required)
View Item |