Apriliani, Melvyana (2019) Penerapan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar Siswa Jelas VIII MTs N 2 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI MELVYANA APRILIANI NPM. 13100692.pdf - Other Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran mendengar (istima`) penting diajarkan pada siswa sejak waktu dini karena istima` merupakan dasar dihasilkannya keterampilan berbahasa lainnya. Seorang pembaca dan penulis tidak dapat memperoleh keterampilan berbicara dan menulis tanpa memiliki syarat mengetahui suara-suara bahasa melalui istima` dan penunjukkan maknya. Seseoarang tidak dapat melakukan interaksi yang efektif tanpa mengetahui suara-suara dan penujukan aknanya, karena konsep dan maksud dalam pembicaraan terkandung dalam suara-suara tersebut.
Berdasarkan uraian tersebut peneliti melaksanakan penelitian tindakan dengan menerapkan media audio visualpada siswa kelas VIIIMTs N 2 Lampung TimurTahun Pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini peneliti mengajukan rumusan masalah yaitu: “Apakah penerapan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan mendengar siswa jelas VIII MTs N 2 Lampung TimurTahun Pelajaran 2018/2019?. Peneliti mengunakan desain penelitian tindakan yang terdiri dari dua siklus, di mana dalam setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Alat pengumpulan data mengacu kepada tes. Adapun analisis data gunakan rumus persentase.
Adapun hasil penelitian yaitu keterampilan mendengar siswa meningkat dengan penerapan media auido visual dimana nilai tes siswa meningkat dari pre test ke pos test 1, dan pos test 2. Total nilai test siswa pada pre test sebesar 1630, pada pos tets 1 sebesar 1961 dan pada pos test 2 sebesar 2051. Siswa yang tuntas pada pre test 10 siswa (37,04%), pada pos test 1 sebanyak 18 orang (66,67%) dan pada pos test 2 sebanyak 25 orang (92,59%). Adapun siswa yang tidak tuntas pada pre test sebanyak 17 orang (62,96%) pada pos test 1 sebanyak 9 orang (33,33%) dan pada pos test 2 sebanyak 2 orang (7,41%). Berdasarkan hal tersebut maka diketahui penningkatan keterampilan mendengar di akhr siklus 2 sebesar 25,93%. Oleh karena itu hipotesis yang peneliti ajukan, yaitu: “Keterampilan mendengar meningkat dengan penerapan media auido visual pada siswa kelas VIII MTs N 2 Lampung Timur” diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 06:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 06:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1671 |
Actions (login required)
View Item |