Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Sukadana Lampung Timur

Halimah, Miftakhul (2018) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Sukadana Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MIFTAKHUL HALIMAH_NPM. 1398921.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islamsangatlah berperan penting dalam pembentukan karakter siswa di sekolah. Karena Guru Pendidikan Agama Islamadalah guru yang dapat mendidik karakter siswa sesuai dengan syariat islam. Peranan Guru Pendidikan Agama Islamtersebut membentuk tingkah laku siswa yang sebelumnya kurang baik menjadi baik, dan yang sebelumnya sudah baik menjadi lebih baik lagi. Dengan demikian Guru Pendidikan Agama Islamselain menstransfer ilmu Agama juga berperan dalam membentuk karakter siswa yang sesuai dengan syariat islam danbudaya bangsa Indonesia.

Pertanyaan penelitian adalah sebagai nerikut: bagaimanakah peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentuka karakter siswa kelas VIII di SMPN 2 Sukadana Lampung Timur?, adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa kelas VIII di SMPN 2 Sukadana Lampung Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif. Sumber data berasal dari manusia atau informan yaitu Guru Pendidikan Agama Islam, guru BK, kepala sekolah, dan siswa kelas VIII. Dokumen berupa foto dan data siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu.

Dari hasil penelutian dapat disimpulkan dan dipahami bahwa perana yang dilakuan oleh Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa kelas VIII di SMPN 2 Sukadana Lampung Timur sudah baik dimana Guru Pendidikan Agama Islam telah mengajarkan dan membimbing siswa untuk berperilaku yang berkarakter. Guru Pendidikan Agama Islam juga menggunakan beberapa metode pembentukan karakter seperi metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode qishah. Sedangkan faktor pendukung dalampembentukan karakter siswa yaitu faktor eksteren atau faktor yang dipengaruhi dari luar seperti keluarga, dan untuk faktor penghambat dalam pembentukan karakter seperti adanya pergaulan teman sebaya yang kurang baik dan penggunaan media sosial yang berlebihan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 06:48
Last Modified: 30 Jan 2020 06:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1672

Actions (login required)

View Item View Item