Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SD Satya Bhakti Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2017/2018

Se, Nuraini (2017) Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik SD Satya Bhakti Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur Tahun Ajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI NURAINI SE_NPM. 1399171.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Metode tanya jawab guru dalam mengajar sangat erat kaitanya dengan hasil belajar peserta didik, karena materi yang disampaikan guru dengan metode tanya jawab mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Metode tanya jawab guru baik maka hasil belajar peserta didik baik. Namun, dari hasil pra survey yang dilakukan oleh peneliti yaitu hanya ada 36% peserta didik nilai tuntas, dan 64% peserta didik nilai belum tuntas. Hal inilah yang menarik peneliti untuk melakukan penelitian. Adapun rumusan masalahnya adalah apakah ada pengaruh metode tanya jawab terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelasV SD Satya Bhakti Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten LampungTimur tahun ajaran 2017/2018?. Tujuannya untuk mengetahui adanya pengaruh metode tanya jawab terhadap hasil belajar peserta didik kelasV SD Satya Bhakti Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur tahun ajaran 2017/2018.

Populasi dalam penelitian ini yaituseluruh peserta didik kelas I-VI SD Satya Bhakti Kecamatn Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur yang berjumlah 198. Adapun teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel ialah probability samplingyaituberupa stratified sampling. Dari teknik tersebut terpilihlah kelas V, maka sampel penelitian ini yaitukelas V yang berjumlah 22. Kemudian, teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment, dan pada taraf signifikansi 1% dilanjutkan dengan uji t dengan kaidah pengujian: jika thitung> ttabelmaka tolak H0yang artinya signifikan.

Setelah data diuji kemudian dianalisis, didapat korelasi product moment r = 0,19antara metode tanya jawab dan hasil belajarPAI kategori sangat rendah.Sedangkan nilai koefisien determinan atau besarnya sumbangan (konstribusi) metode tanya jawab terhadap hasil belajar PAIditentukan dengan rumus, yaitu: KP = r2x 100% = 0,19 x 100 = 19 %. Hal tersebut berarti metode tanya jawab memberikan konstribusi terhadap hasil belajar hasil belajar PAIsebesar 19%dan sisanya 81% dipengaruhi oleh variabel lain. Kemudian, uji t didapat thitung= 0,86 dan ttabel= 2,845, atau thitung<ttabel maka terima H0yang artinya tidak ada pengaruh yang signifikan metode tanya jawab terhadap hasil belajar PAI peserta didik kelas V SD Satya Bhakti Kecamatn Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur. Kesimpulannya adalah terdapat korelasi positif metode tanya jawab terhadap hasil belajar PAISD Satya Bhakti Kecamatn Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur sebesar 0,19, dan 19% besarnya pengaruh metodeterhadap hasil belajar PAISD Satya Bhakti Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur sebesar 19%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 06:54
Last Modified: 30 Jan 2020 06:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item