Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari

Sari, Septi Maya (2017) Pengaruh Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Septi Maya Sari.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kreativitas merupakan kemampuan untuk mencipta, di mana seorang guru harus menciptakan sesuatu hal untuk menarik minat belajar siswa, mempermudah pemahaman dan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di dunia pendidikan, salah satunya hasil belajar yang rendah. Kreativitas guru dapat berupa merancang dan menyiapkan bahan ajar seperti fotocopyan, kemudian ada pengelolaan kelas dimana seorang guru dapat mengubah posisi duduk setiap siswa, kemudian penggunaan metode, seorang guru harus kreatif menngabungkan beberapa metode supaya murid tidak merasakan bosan atau jenuh pada saat proses pembelajaran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh kreativitas guru dalampembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari.Hipotesis yang peneliti ajukan adalah Ha: Ada pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3Batanghari.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode pendukung. Dari hasil analisis menggunkan korelasi PPM (Person Product moment) tentang kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari menunjukkan adanya pengaruh yaitu dimana korelasi PPM (Person Product Moment) di peroleh harga rxy 0,254 lebih besar dari rtab 0,204 yakni 0,254 > 0,205. Perhitungan dengan menggunakan rumus KP= rxy2 x 100%, diketahui bahwa kontribusi kreativitas guru terhadap hasil belajar sebesar 6,451%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 07:03
Last Modified: 30 Jan 2020 07:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1677

Actions (login required)

View Item View Item