Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Aplikasi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Batanghari

Putri, Feranita Kusuma (2020) Aplikasi Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL)Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 1 Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI FERANITA KUSUMA PUTRI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil prasurvei peneliti, pada hasil ulangan harian mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 1 Batanghari Tahun Pelajaran 2018/2019 terdapat beberapa siswa yang belum tuntas karena adanya beberapa masalah dalam proses pembelajarannya, antara lain ialah faktor guru dan peserta didik. Faktor pendidik seperti belum maksimalnya penggunaan metode pembelajaran. Sedangkan faktor peserta didik antara lain, sebagian peserta didik masih ada yang tidak memperhatikan guru padasaat pembelajaran dilaksanakan. Dari hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Apakah Aplikasi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas vii di SMP Negeri 1 Batanghari”.?

Adapun masalah yang menjadi fokus kajian adalah bagaimana Aplikasi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning(CTL) dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Batanghari. Berdasarkan teori, Contextual Teaching and Learning(CTL) adalah salah satu model pembelajaran yang menekankan pada belajar secara kelompok untuk mampu menemukan suatu konsep yang dihubungkan dengan kehidupan nyata. Penerapan CTL adalah Pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan peserta didik untuk memperoleh kegiatan pembelajaran, memberikan aktivitas kelompok, membuat aktivitas belajar mandiri, membuat aktivitas belajar bekerja sama dengan masyarakat. Kesimpulan hasil penelitian menyebutkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran CTL dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dilaksanakan melalui persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Dampak penerapan CTL dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah dapat meningkatnya minat baca, kerja sama antar peserta didik, tanggungjawab, dan jalinan komunikasi antara peserta didik satu dengan yang lainnya.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Pembelajaran menggunakan contextual teaching and learningdapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Batanghari pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar di tiap-tiap siklus, dimana pada siklus I siswa yang memenuhi ketuntasan belajar sebesar 60% dan pada siklus II meningkat sebesar 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 08:23
Last Modified: 30 Jan 2020 08:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1698

Actions (login required)

View Item View Item