Azis, Nur (2020) Peran Lingkungan Sosial dalam Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SMK N 03 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
NUR AZIS NPM 1501010208-dikompresi - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other Download (7MB) | Preview |
Abstract
Pola lingkungan sosial berpengaruh akan proses pengamalannilai-nilai pendidikan agama islam pada siswa. Hal ini terjadi di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3Metro sebagaimana pengamalan nilai-nilai pendidikan di sekolah masih pada tingkat rendah. Lingkungan sosial berperan penting dalam mempengaruhi proses pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam. Dengan melalui komponen lingkungan sosial seperti keluarga sekolah dan masyarakat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Peran Lingkungan Sosial Dalam Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SMK N 03 Metro(2) Faktor yang mempengaruhi peran lingkungan sosial dalam Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SMK N 03 Metro(3) Faktor penghambatPeran Lingkungan Sosial Dalam Pengamalan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SMK N 03 Metro.
Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adaah penelitian lapangan atau kancah (field research)yang menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dan lokasi yang akan diteliti adalah SMK N 3 Metro. Metode dalam penelitian ini meliputi: metode observasi, metode interview (wawancara), dan metode dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dari teknik triangulasi yang dicapai dengan jalan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu pengumulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian: (1) Bagaimana Peranan lingkungan sosial dalam pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islan di SMK N 3 Metro, siswa dipengaruhi oleh komponen-komponen yang bersingggungan langsung dengan kehidupannya meliputi keluarga sekolah dan masyarakat. Pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMK N 3 Metro dilakukan dalam bentuk pengamalan nilai aqidah, ibadah, dan ahlak. Mengacu pada bentuk dari pengamaln nilai Pendidikan Agama Islam yang mempengaruhi siswa ialah lingkungan sosial yang meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi peranan lingkungan sosial dalam pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMK N 3 Metro adanya kolaborasi dan ketersinambungan antara keluarga sekolah dan masyarakat. (3) Faktor-faktor yang menghambat peran lingkungan sosial dalam pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam pengamalan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam di SMK N 3 Metro ialah faktor internal siswa, motivasi yang menurun dan kebiasaan-kebiasaan yang sudah mendarah daging, serta kurangnya kesadaran siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 08:27 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 08:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1699 |
Actions (login required)
View Item |