Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak di TK Aisiyah Bustanul Atfal Sukajawa Kecamatan Bumiratu Nuban Lampung Tengah

Novianti, Zulia (2020) Peran Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak di TK Aisiyah Bustanul Atfal Sukajawa Kecamatan Bumiratu Nuban Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
skripsi Zulia Novianti - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan EmosionalAnak diTK Aisyiyah Bustanul Atfal Sukajawa Kecamatan Bumiratu Nuban Lampung Tengah” ini ditulis oleh Zulia Novianti, NPM. 13100041 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)METRO, pembimbing 1 Bapak: Drs. Mokhtaridi Sudin, M.Pd dan pembimbing II Bapak: Drs. Mahyunir, M. Pd. IKata kunci: Peran Guru DalamMeningkatkan Kecerdasan Emosional Anak.

Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya kondisi emosional siswa dimana mereka tidak dapat mengatur emosinya sendiri yang mengakibatkan terjadinya penyimpanga-penyimpangan seperti kekerasan di sekolah.Dengan penelitian ini diharapkan guru sebagai pencetak generasi tidak hanya mampu mencerdaskan intelektual saja akan tetapi juga mampu mencerdaskan emosional siswa. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Bagaimana peran Guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa diTK Aisyiyah Bustanul Atfal? (2) Apa faktor penghambat guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa diTK Aisyiyah Bustanul Atfal? (3) Bagaimana solusi guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di TK Aisyiyah Bustanul Atfal? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam memiliki peran penting dalam peningkatan emosional siswa. Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan emosional siswa di TK Aisyiyah Bustanul Atfalyaitu dengan selalu membimbing atau memotivasi dan membina emosional siswa dengan mengisi kegiatan positif diluar kelas. Selain itu fasilitas yang sudah cukup memadai sering digunakan untuk kegiatan di sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 00:48
Last Modified: 31 Jan 2020 00:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1702

Actions (login required)

View Item View Item