Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Pembelajaran Al-Islam dalam Pembentukan Karakter Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah Kota Metro

Saputra, Hiban Najib (2018) Strategi Pembelajaran Al-Islam dalam Pembentukan Karakter Kemuhammadiyahan di SD Muhammadiyah Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Tesis Hiban Najib Saputra Pascasarjana PDF ALL.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Strategi pembelajaranAl-Islam merupakan teknikinti dari proses pembentukankarakter kemuhammadiyahandi SD Muhammadiyah Kota Metro. Dengan demikian guru Al-Islam dituntut memahamidan menguasaikarakter kemuhammadiyahandengan sempurna. Namun kenyataannya pemahaman dan penguasaan karakter kemuhammadiyahanperlu dioptimalkan, dengan pertimbangan: Pertama,SDMuhammadiyah KotaMetro adalah sekolah swasta umum yang diselenggarakan oleh organisasi Muhammadiyahdan peserta didiknya berasal dari latarbelakang karakter kemuhammadiyahanyang berbeda-beda.Kedua, guru merupakan garda terdepan dalam membentuk karakter kemuhammadiyahandi sekolah-sekolah milik Muhammadiyah, ketiga,pembentukannilai-nilai karakter kemuhammadiyahan dianggap palingefektif untuk membentuk karakter peserta didik yang sesuai dengan tujuan pendidikan karakter.

Fokus masalah penelitian initentang bagaimana strategi pembelajaran Al-Islam dalam pembentukan karakter kemuhammadiyahandi SD Muhammadiyah Kota Metro, faktor pendukung, penghambat dan upaya apa saja dalam merealisasikan strategi pembelajaran Al-Islam dalam pembentukan karakter kemuhammadiyahandi SD Muhammadiyah Kota Metro.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Waka Al-Islam dan Kemuhammadiyahandan guru Al-Islamdengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dandokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data,mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Teknik menjamin keabsahan data dengan triangulasi teknik dan data.

Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi pembelajaran Al-Islam menerapkan strategi pembelajaran langsung, pembentukan karakter kemuhammadiyahan pada kehidupan pribadi melalui pembiasaan sifat-sifat terpuji, sedangkan pada kehidupan keluarga melalui komunikasiaktif antar wali peserta didik, kemudian pada kehidupan masyarakat melalui aktif pada kegiatan sosial, serta pada organisasi melalui pelatihan baitul arqam, penekanan untuk aktif di kajian-kajian dan organisasi Muhammadiyah.(2) Faktor pendukungberupa,sarana dan prasarana yang sudah memadai.(3) Kendala yang dihadapi berupa, kurangnya alokasi waktu, peserta didik gaduh saat pembelajaran berlangsung dan stakeholderbelum menguasai karakter kemuhammadiyahan.(4) Upaya yang dilakukan berupa, kurangnya alokasi waktu diadakan kegiatan ke-Al-Islaman di luar kelas, peserta didik yg gaduh dilakukan pengkondisian secara langsung,dan stakeholder yang belum menguasai karakter kemuhammadiyahan diadakan pelatihan baitul arqam, penekanan untuk aktif di kajian-kajian dan organisasi Muhammadiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:43
Last Modified: 31 Jan 2020 02:43
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1719

Actions (login required)

View Item View Item