Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi metode tikrar dalam menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Hidayatul Quran desa Banjarrejo kecamatan Batanghari kabupaten Lampung Timur

Setiana, Elis (2019) Implementasi metode tikrar dalam menghafal Al-Quran di Pondok Pesantren Hidayatul Quran desa Banjarrejo kecamatan Batanghari kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 072.FTIK.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah cahaya, petunjuk pemberi kabar gembira bagi orang beriman, dan pemberi peringatan bagi yang ingkar. Dengan membaca, mengkaji, mempelajari, dan mengamalkannya, akan mendapatkan banyak sekali kebaikan dan kemuliaan, lebih utama lagi apabila dapat menghafalnya. Menghafal Al-Qur’an merupakan salah satu bentuk usaha mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam menghafal Al-Qur’an banyka metode yang dapat dikembangkan, salah satunya adalah metode tikrar. Metode tikrar atau pengulangan merupakan metode menghafal yang dilakukan dengan cara mengulangulang bagian yang ingin dihafalkan.

Pertanyaan penelitian bagaimana implementasi metode tikrar dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi metode tikrar dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan tehnik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi metode tikrar dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an dilakukan dengan cara mengulang hafalan yang sudah dihafalkan kepada ustad. Metode ini dimaksudkan agar hafalan yang pernah dihafalkan oleh para santri bisa tetap terjaga dengan baik, selain mengulang hafalnnya bersama ustad, santri juga menghafalkannya dengan sendiri-sendiri dengan maksud untuk melancarkan hafalan yang telah dihafal sehingga tidak mudah lupa. Implementasi metode tikrar dilakukan dengan dua tahap, yakni tahap persiapan dan tahap penerapan. Pada tahap persiapan seseorang santri sebelum menyetorkan hafalan kepada ustad, mereka terlebih dahulu melakukan persiapan yaitu mentakrir (mengulang-ulang) hafalan sampai benar-benar lancar dan baik. Persiapan tersebut dalam upaya membuat hafalan yang disetorkan kepada ustad lebih baik. Selanjutnya, pada tahap penerapan, dilakukan dengan menyetorkan hafalan kepada ustad dan mudarosah berkelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:05
Last Modified: 14 Nov 2019 07:05
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item