Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasahaliyah Al-Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah

Murtando, . (2018) Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasahaliyah Al-Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TESIS PAK MURTANDO PDF.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Munculnya gagasan tentang pendidikan karakter dalam dunia pendidikanmerupakan salah satu upaya perbaikan kualitas pendidikan. Gagasan ini munculkarena proses pendidikan yang selama ini dilakukan belum sepenuhnya berhasildalam membangun manusia Indonesia yang berkakarkter mulia, sesuai denganajaran agama dan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Kecenderungan pendidikanyang lebih menekankan pada aspek kognitif, berakibat pada kegersangan moralitasdalam kehidupan peserta didik. Selain itu pendidikan saat ini cenderungmelupakan dimensi moral dan karakter dalam belajar mengajar, sehinggamenghasilkan peserta didik yang berpengetahuan tetapi tidak mampu mengambilmanfaat dari ilmu yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui nilai-nilai yang ditanamkankepada siswa dalam pendidikan karakter di MA Al-Mubarok Bandar MataramLampung Tengahdan implementasi pendidikan karakter di MA Al-MubarokBandar Mataram Lampung Tengah. Penelitian ini didasarkan pada permasalahanperilaku siswa sehari-hari masih belum sesuai dengan nilai-nilai karakter yangdiajarkan, dan pendidikan karakter belum diimplementasikansecara optimal dalamkegiatan rutin dan budaya sekolah.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan (fieldresearch). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakantriangulasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga tahapan, yaitu: reduksi data,penyajian data dan pengambilan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter diMA Al-Mubarok dilakukan melalui implementasipendidikan karakter dalamkurikulum, proses pembelajaran dan ekstrakurikuler, serta penciptaan kultursekolah yang kondusif terhadap penanaman nilai-nilai akarakter. Implementasipendidikan karakter dalam kurikulum dilakukan dengan memasukkan nilaipendidikan karakter dalam silabus dan RPP yang kemudian dijabarkan oleh guruuntuk dikembangkan sesuai dengan materi pelajaran yang relevan. Implementasipendidikan karakter dalam proses pembelajaran dilakukan dengan melaksanakanpembelajaran yang mendukung tumbuhnya nilai-nilai karakter dalam pesertadidik. Proses pembelajaran dirancang dan dilaksanakan melalui penggunaanmetode, dan strategi pembelajaran yang dapat menumbuhkan karakter.Implementasi pendidikan karakter dalam kegiatan rutin, dan ekstrakurikuler diMA Al-Mubarok terlihat dari berbagai kegiatan rutin yang mencerminkan nilai-nilai karakter, seperti shalat Dzhuhur berjamaah, berdoa sebelum memulai dansetelah pembelajaran, pesantren kilat. Implementasi pendidikan karakter dalamkegiatan rutin sekolah di MA Al-Mubarok. Kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari yang dilakukan seperti, salat Dzuhur berjamaah, pembiasaan mengucapkansalam, berdoa sebelum dan sesudah memulai pelajaran, serta kegiatanekstrakurikuler keagamaan seperti pesantren kilat program baca tulis Al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:49
Last Modified: 31 Jan 2020 02:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item View Item