Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hewan dan Tumbuhan Kelas IV SD Negeri 8 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2019/2020

Luthfiani, Rahmanita (2020) Penggunaan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hewan dan Tumbuhan Kelas IV SD Negeri 8 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RAHMANITA LUTHFIANI - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran adalah proses interaksi siswa dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar yang saling bertukar informasi. Tujuan pembelajaran adalah perilaku hasil belajar yang diharapkan terjadi, dimiliki, atau dikuasai oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran tertentu.Kenyataannya hal tersebut belum sepenuhnya terwujud karena pada hasil belajar yang dicapai siswa masih belum maksimal dan belum seperti yang diharapkan khususnya pada siswa kelas IV SD Negeri 8Metro Pusat. Belum maksimalnya hasil belajar yang diperoleh siswa dimungkinkan karena beberapa masalah yang terjadi saat pembelajaran terutama yang berhubungan dengan penggunaan metode dalam pembelajaran. Penggunaanmetode pembelajaran perlu dipilih yang tepat dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai di kelas.

Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu mengubah metode pembelajaran, metode pembelajaran yang ditetapkan adalah Metode Drillatau yang disebut pula dengan Metode Latihan, merupakan suatu cara mengajar yang baik untuk menanamkan kebiasaan-kebiasaan tertentu. Juga sebagai sarana menanamkan kebiasaan-kebiasaan yang baik. Metode ini memberikan kesempatan siswa belajar mengulang-ngulang materi yang telah disampaikan oleh guru. Dimana tujuan dalam penelitian ini adalahuntuk mengetahui meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV SD Negeri 8 Metro Pusatdengan menggunakan MetodeDrill.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar pada materi hewan dan tumbuhan siswa kelas IV SD Negeri 8 Metro PusatTahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat melalui penggunaan metode drill. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 68,42% dan pada siklus II meningkat menjadi 73,63%. Pada siklus I hasil belajar siswa sebesar 59,52% dan pada siklus II menjadi 80,95% atau mengalami peningkatan 21,43%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode drilldapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPA SD Negeri 8Metro PusatTahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 03:01
Last Modified: 31 Jan 2020 03:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1724

Actions (login required)

View Item View Item