Utami, Anggi Putri (2020) Pengaruh Teknik Umpan Balik Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V SDN 1 Nambahrejo Kotagajah Lampung Tengah Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
Skripsi Anggi Putri Utami 1501010010 - Anugrah Fotocopy.pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar siswa dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai apakah pendidikan di suatu sekolah berhasil atau tidak. Sedangkan hasil belajar dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan teknik umpan balikoleh seorang pendidik dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan seorang pendidik agar mampu menciptakan lingkungan kelas yang menyenangkan dan menarik sehingga siswa mampu mengasah kreativitasnya dalam berfikir yang nantinya berdampak pada meningkatnya hasil belajarnya khususnya dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah ada pengaruh penggunaan teknik umpan balikterhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas V di SDN Nambahrejo Kotagajah Lampung Tengah, sedangkan populasi dalam penelitian ini sebanyak kurang dari 100 siswa dengan sampel 27 siswa.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menginterpretasi pengaruh teknik umpan balik terhadaphasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam siswa kelas V di SDN Nambahrejo Kotagajah Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi. Kuesioner (angket) ditujukan kepada siswa untuk mencari data tentang teknik umpan balik, dan dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan informasitentang hasil belajar Pendidikan Agama Islam, sejarahsingkat berdirinya, visi misi dan tujuan, kondisi, identitas, lokasi sekolah, sarana dan prasarana, struktur organisasi, data guru dan karyawansertadata jumlah siswa kelas V SDN 1 Nambahrejo Kotagajah Lampung Tengah.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan teknik umpan balikterhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas V SDN 1 Nambahrejo Kotagajah Lampung Tengah .Hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus Chi Kuadratdiperoleh harga xhitung 26,0375lebih besar dari xtabel signifikan 5% dengan harga 16,918978. Sehingga dalam penelitian ini hipotesis alternatif (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan tingkat pengaruh sangat kuat.
Adapun dari hasil perhitungan koefisien determinasinya penggunaan teknik umpan balikmemilikikontribusi atau pengaruh sebesar 74,99% dalam mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas kelas V SDN 1 NambahrejoKotagajah Lampung Tengah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 31 Jan 2020 03:13 |
Last Modified: | 31 Jan 2020 03:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1729 |
Actions (login required)
View Item |