Sari, Oktaviani Erma (2020) Peran Ustadz dalam Peningkatkan Kemampuan Qira’ah Santri di TPA Darul Hikmah Desa Tanjung Qencono Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
OKTAVIANI ERMA SARI NPM. 1501010285 - Oktaviani Erma Sari.pdf - Other Download (5MB) | Preview |
Abstract
Ustadz mempunyai peranan yang besar dalam dunia pendidikan, terutama dalam pendidikan Islam pada lembaga nonformal seperti di taman pendidikan Al-qur‟an. TPA merupakan lembaga nonformal yang merupakan pendidikan untuk meningkatkan taraf pengetahuan terhadap keagamaan khususnya keagamaan dalam membaca Al-qur‟an dengan baik dan benar.
Dalam pelaksanaanya ditemui sejumlah hambatan yakni kurangnya tenaga pengajar, kondisi fisik santri yang sudah lelah karena selain mengikuti pembelajaran di TPA juga mengikuti pembelajaran di sekolah. Di dalam pembelajarannya para gurusebaknyamenggunakan pendekatan yang baik sesuai dengan perannya yaitu menjadi guru agama untukmembuat santri-santri di TPAsenang dalam mengikuti program yang telah dibuat oleh kepengurusan, kerjasama antara dewan pengajar juga sangat penting dalam mengelola dan mengembangkan pendidikan di TPA Darul Hikmahuntuk mencapai tujuan yang di inginkan yang sesuai dengan visi dan misi di taman pendidikan Al-qur‟an Darul Hikmah.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang bagaimana peran ustadz dalam peningkatan kemampuan qira‟ah santri dan hambatan-hambatan peran ustadz dalam peningkatan kemampuan qira‟ah santri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), dan sifat dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, tes, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran ustadz dalam meningatkan kemampuan qira‟ah santri sebagai pendidik, pembimbing, teladan yang baik, dan sebagai pengajar yang memberikan ilmu yang bermanfaat dalam membaca al-qur‟an salah satunya dengan mengajarkan kaidah-kaidah ilmu tajwid. Ilmu tajwid di pandang sangatlah penting untuk diterapkan ketika membaca Al-qur‟an. Untuk menghindari dari kesalahan makna akibat tak menerapkan ilmu tajwid ketika membaca Al-Qur‟an, maka hukum membaca Al-qur‟an dengan menerapkan kaidah-kaidah ilmu tajwid adalah wajib.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 31 Jan 2020 03:53 |
Last Modified: | 31 Jan 2020 03:53 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1740 |
Actions (login required)
View Item |