Ramadhan, Dedi Ridho (2019) Meningkatkan Keterampilan Berbicara dengan Mengunakan Metode Mubashiroh pada Siswa Kelas 10 Madrasah Aliyah Darul Amal Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
SKRIPSI DEDI RIDHO RAMADHAN 14116072.pdf - Other Download (1MB) | Preview |
Abstract
Urgensi pembelajaran berbicara dalam bahasa asing nampak dari urgensiberbicara itu sendiri dalam bahasa. Berbicara dikategorikan sebagai unsur dasardalam kurikulum pembelajaran bahasa asing yang dinilai oleh para praktisi dibidang tersebut sebagai tujuan pembelajaran bahasa asing yang penting, karenaberbicara secara umum mencerminkan praktik dalam pembelajaran bahasa.
Berdasarkan uraian tersebut peneliti melaksanakan penelitian tindakandengan menerapkan metodeMubasyirahpada siswa kelasXMADarulA`malMetro Tahun Pelajaran 2018/2019. Dalam penelitian ini peneliti mengajukanrumusan masalah yaitu: “Apakah keterampilan berbicara dapat meningkat denganpenggunaan metodeMubasyirahpada siswa kelasXMADarul A`mal MetroTahun Pelajaran 2018/2019?. Peneliti mengunakan desain penelitian tindakanyang terdiri dari dua siklus, di mana dalam setiap siklus terdiri dari 3 kalipertemuan. Alat pengumpulan data mengacu kepada tes. Adapun analisis datagunakan rumus persentase.
Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran setelah penerapanmetodemubasyirohlebih baik dan lebih berkualitas dari proses pembelajaransebelum penerapan metodemubasyiroh,yaitu dari segi perhatian siswa terhadapmateri pelajaran dan aktivitas siswa dalam berlatih dialog, menyampaikanpertanyan dan menjawabnya. Setelah selesai penelitian tindakan dapat diambilkesimpulan bahwa keterampilan berbicara meningkat dengan mengunakan metodemubashiroh pada siswa kelas X Madrasah Aliyah DarulA`malMetro tahunpelajaran 2018/2019,di mana total nilai pre-test sebesar2200dan pada pos-test1sebesar 2370,sedangkan pada post-est 2 sebesar 2455.Nilaites dari siklus 1 kesiklus 2 meningkat.Halitu karena siswa yang tuntas pada pre-test sebanyak 14siswa(42%),padapos-test1 sebanyak 23 siswa(70%),sedangkan pada pos-test 2sebanyak 30 siswa(91%).Oleh karena itu peningkatanketuntasandari pre-testkepos-test 1 sebesar 27% dan dari pre-testkepos-test 2 sebesar 48%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 31 Jan 2020 04:36 |
Last Modified: | 31 Jan 2020 04:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1746 |
Actions (login required)
View Item |