Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe example non example untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIM Hadimulyo Metro tahun pelajaran 2018/2019

Wahyuni, Surya (2019) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe example non example untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV MIM Hadimulyo Metro tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 075.FTIK.2019.pdf - Other

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran IPA di kelas IV MIM Hadimulyo Metro, antara lain adalah siswa masih banyak yang tidak memperhatikan pelajaran, guru jarang menggunakan media yang tersedia di sekolah, metode pembelajaran masih kurang bervariasi serta rendahnya hasil belajar IPA siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Example Non Example pada siswa kelas IV MIM Hadimulyo Metro Tahun Pelajaran 2018/2019.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV D Abu Sufyan dengan jumlah 23 siswa, terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan lembar observasi dalam proses pembelajaran, yakni untuk mengetahui peningkatan proses pembelajaran siswa, lembar tes untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa serta dokumentasi. Teknik analisa data dalam penelitian ini adalah analisa data kuantitatif dan analisa data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil belajar kognitif siswa dari siklus I ke siklus II yaitu, 73,91% menjadi 91,30%, atau meningkatsebesar 17,39% serta hasil belajar psikomotorik siswa dari siklus I sebesar 60,68% ke siklus II menjadi 82,60%, ataumeningkat sebesar 21,92%.Indikator keberhasilan dari penelitian sebesar 91,30% dan 82,60 % tersebut telah mencapai target 70%. Hasil ini menggambarkan penggunaan model kooperatif tipe Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV MIM Hadimulyo Metro Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:42
Last Modified: 14 Nov 2019 07:42
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item