Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Hubungan Antara Lingkungan Berbahasa dengan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI SMA Tmi Roudlotul Quran Metro Tahun Pelajaran 2017/2018

Rahmawati, Hani (2018) Hubungan Antara Lingkungan Berbahasa dengan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas XI SMA Tmi Roudlotul Quran Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI Heni Rahmawati NPM. 13100522.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara memutuhkan adanya situasi, kondisi dan lingkungan yang mendukung pada hasilnya keterampilan tersebut. Dalam hal ini tidak dapat diabaikan peran lingkungan berbahasa sebagai suatu kumpulan situasi, benda, perbuatan, peristiwa dan berbagai objek yang keseluruhannya mengarah pada pemerolehan bahasa melalui mendengarkan bahasa dan menggunakannya dalam interaksi lisan, dan melalui pembelajaran di lingkungan resmi atau sekolah. Lingkungan berbahasa mencerminkan lingkungan berbahasa Arab di dalam kelas dan luar kelas sebagai cara memperoleh bahasa. Oleh karena itu, sekolah mengajukan solusi konkrit bagi siswa yang tidak dapat pergi ke tempat bahasa asli untuk mendengarkan bahasa melalui lingkungan yang alami. Peneliti mengajukan pertanyaan penelitian, yaitu: “Apakah ada hubungan antara lingkungan berbahasa dengan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI SMA TMI Roudlotul Quran Metro Tahun Pelajaran 2017/2018?”. Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan desain penelitian kuantitatif. Alat pengumpulan data mengacu kepada angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus productmoment.

Adapun hasil penelitian yaitu: ada hubungan antara lingkungan berbahasa dengan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI SMA TMI Roudlotul Quran Metro Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasl tersebut karena diperoleh nilai rhitung sebesar 0,863, dan ketika dibandingkan dengan rtabel pada derajat kebebasan (df) = 27, untuk taraf signifikansi 5%, sebesar 0,381, diketahui bahwa nilai rhitung lebih besar dari rtabel (0,863>0,381). Berdasarkan perhitungan tersebut, maka hipotesis yang peneliti ajukan, yaitu: “Ada hubungan antara lingkungan berbahasa dengan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas XI SMA TMI Roudlotul Quran Metro Tahun Pelajaran 2017/2018"amiretid.rasebesgnutihrialiN0,863 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara lingkungan berbahasa dengan keterampilan berbicara. Hal itu karena nilai 0,863 berada pada rentang nilai antara 0,80-1,00, yang berarti bahwa ada hubungan yang kuat antara lingkungan berbahasa dengan keterampilan berbicara siswa kelas XI SMA TMI Roudlotul Quran Metro Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:49
Last Modified: 31 Jan 2020 04:49
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1750

Actions (login required)

View Item View Item