Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Perbandingan Kemampuan Tarjamah Bahasa Arab Antara Alumni Pondok dan Non Pondok Pada Mahasiswa Semester V Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Metro T.A 2018/2019

Kurnia, Rima (2019) Perbandingan Kemampuan Tarjamah Bahasa Arab Antara Alumni Pondok dan Non Pondok Pada Mahasiswa Semester V Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Metro T.A 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RIMA KURNIA NPM. 1501020083.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilihat dari nilai yang diperolehnya selama kurun waktu tertentu yang diberikan oleh guru melalui mekanisme penilaian yang telah ditetapkan. Kemampuan tersebut merupakan salah satu parameter yang dapat dilihat untuk mengetahui seberapa berhasilnya siswa dalam kegiatan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan belajar siswa adalah tempat tinggal. Berdasarkan penelitian pendahuluan terdapat 2 kategori tempat tinggal mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Metro. Ada yang alumni pondok dan ada pula alumni non pondok. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan kemampuan signifikan mahasiswa alumni pondok dan non pondok Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan Kemampuan Tarjamah Bahasa Arab Antara Alumni Pondok dan Non Pondok Pada Mahasiswa Semester V Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Metro T.A 2018/2019.Sampel pada penelitian ini adalah 55 orang mahasiswa yang berasal dari pondok 30 mahasiswa dan yang berasal dari non pondok 25 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif komparatif yaitu dengan membaandingkan data hasil belajar ujian akhir mahasiswa PBA IAIN Metro. Berdasarkan hasil pengolahan dan membandingkanterhadap data yang berhasil dikumpulkan dalam penelitian ini bahwaada perbandingan yang signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa alumni pondok dan non pondok jurusan pendidikan bahasa arab IAIN Metro TA 2018/2019. Hal ini diambil berdasarkan kesimpulan statistik yang menyebutkan bahwa chi kuadrat hitung lebih tinggi daripada harga chi kuadrat tabel baik pada taraf signifikan 1% maupun 5% atau 9,210 > 62,4757< 5,991. Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan menerjemah antara mahasiswa alumni pondok dan non pondok. dan hipotesis penelitianyang berbunyi “Kemampuan Tarjamah Mahasiswa Pondok Lebih Baik dari Pada Mahasiswa Alumni non Pondok pada Mahasiswa Semester V Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Metro T.A 2018/2019 di terima”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:59
Last Modified: 31 Jan 2020 04:59
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1753

Actions (login required)

View Item View Item