Ghufron, Muhammad Abdul Aziz (2018) Pengaruh Penerapan Metode Token Ekonomi Terhadap Penguasaan Kosakata Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Braja Selebah Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
M. Abdul Aziz Ghufron (13100642).pdf - Other Download (6MB) | Preview |
Abstract
Bahasa Arab adalah salah satu bahasa asing yang dipelajari oleh banyak orang Arab dan Muslim di dunia, dan peran perkembangan Bahasa Arab di semua negara mempengaruhi penyebaran agama Islam di dunia, di mana Alquran telah diturunkan oleh Allah dalam bahasa ini, seharusnya setiap orang muslim harus mampu menguasai bahasa Arab, guna untuk mempelajari apa yang terkandung di dalam Al-Quran dan Al-Hadist dengan sempurna, oleh sebab itu penguasaan kosakata dalam pembelajaran bahasa Arab sangatlah penting, karna dengan sedikitnya penguasaan kosa kata siswa akan sangat susah untuk memahami kandungan yang ada dalam sebuah kalimat.
Berpedoman pada prasurvey yang dilakukan oleh penulis, diperoleh informasi bahwa kualitas pembelajaran bahasa Arab pada kosakata peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Braja Selebah Lampung Timur sebelum diterapkan metode Token Ekonomimasih mengalami hambatan dan rendahnya penguasaan kosakata bahasa Arab.Pertanyaan penelitian ini adalah : “Apakah penerapan metode token ekonomi berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Braja Selebah Lampung Timur?”. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan metode token ekonomi terhadap penguasaankosakata bahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Braja Selebah Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sedang pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, dokumentasi dan observasi. Semua populasi dalam penelitian ini adalah 52 peserta didik, begitu pula sampel dalam penelitian ini 52 peserta didik, dengan rincian kelas X A 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X B 21 siswa sebagai kelas control.Dari hasil analisa data yang telah peneliti lakukan dengan menggunakan hasil uji “t” diperoleh skor = 4,478 dan = 1,751 dengan signifikansi 5%dan derajad kebebasan (df) n1+n2-2= 50, dengan demikian lebih besar dari(4,478 > 1,751). Ini berarti terdapat pengaruh yang signifikansi penerapan metode token ekonomi terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Braja Selebah Lampung Timur tahun pelajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 31 Jan 2020 07:02 |
Last Modified: | 31 Jan 2020 07:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1760 |
Actions (login required)
View Item |