Kholidin, Agus (2017) Upaya Penerapan Pendidikan Karakter di SMP Muhammadiyah 4 Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
|
PDF
AGUS KHOLIDIN - 1397531.pdf - Other Download (2MB) | Preview |
Abstract
Masalah yang tengah dihadapi lembaga pendidikan adalah sistem pendidikan yang ada sekarang ini terlalu berorientasi pada pengembangan otak kiri ( kognitif) dan kurang memperhatikan pengembangan otak kanan (afektif, dan empati). Padahal, pengembangan karakter lebih berkaitan dengan optimalisai fungsi otak kanan. Mata pelajaran yang berkaitan dengan pendidikan karakter pun seperti (budi pekerti dan agama) ternyata pada perakteknya lebih menekankan pada aspek otak kiri (hafalan). Pembentukan karakter harus dilakukan secara sistematis dan kesinambungan yang melibatkan aspek “knowledge(pengetahuan), feeling (perasaan), loving (cinta), dan acting (tindakan). Pada dasarnya, anak yang kualitas karakternya rendah adalah anak yang tingkat perkembangan emosi-sosialnya rendah, sehingga anak beresiko besar mengalami kesulitan dalam belajar, berintraksi sosial, dan tidak mampu mengontrol diri.Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui sejauh mana Penerapan Pendidikan Karakter di SMP Muhammadiyah 4 Metro Utara. Pertanyaan utama yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana upaya penerapan Pendidikan Karakter di SMP Muhammadiyah 4 Metro Utara?(2)Apa saja yangmenjadi faktormenghambat dalam upaya penerapan pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 4 Metro utara?Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 4 Metro utara.Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi,dan dokumentasi. Adapun teknik analisa data yg digunakan Reduksi data, Dispiay data seta Verifikasi atau penalikan kesimpulan, untuk Uji keabsahan mengguakan Trianggulasi sumber.Hasil penelitian: (1) Bagaimana upaya penerapan Pendidikan Karakter di SMP Muhammadiyah 4 Metro Utara,peserta didik dapat terbentuk menjadi insan yang berakhlakul karimah, mandiri, jujur, peduli sahabat, toleransi, peduli sosial, sikap demokratis, bertanggung jawab, peduli lingkungan dan religius. Walaupun tidak semua peserta didik mempunyai karakteryang baik dengan adanya peraturan sekolahdan pendidik.(2) Faktor penghambat/kendala sekolah dalam upaya penerapan pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 4 Metro Utara adalah Saraana dan prasarana yang kurang memadai/gedung yang kurang proposional, faktor lingkungan yang kurang kondusif sehingga tidak terdukungnya program kegiatan sekolah, kondisi siswa yang kurang memahami nilai-nilai karakterdan adanya pengaruh negatif dari dunia luar sehingga siswa merasakan malas dalam kegaiatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aan Gufroni . |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 06:01 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 06:01 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1772 |
Actions (login required)
View Item |